Tipe Stomata Daun pada Tanaman Peneduh Dominan di Taman Kota Kediri
PDF

Keywords

taman kota
stomata
tipe stomata

How to Cite

Sari, A. J. ., Sari, T. ., Sulistiono, S., Rahmawati, I. ., & Cintamulya, I. . (2022). Tipe Stomata Daun pada Tanaman Peneduh Dominan di Taman Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 442 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3056

Abstract

Taman Kota merupakan ruang terbuka hijau perkotaan yang berfungsi untuk mengurangi kadar CO2 dan meningkatkan kadar oksigen. Stomata merupakan bagian tumbuhan yang digunakan untuk masuknya CO2 dan keluarnya oksigen. Oleh karena itu, meningkatnya dan menurunnya kadar CO2 di udara sangat tergantung pada jumlah dan tipe stomata pada daun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe-tipe stomata daun pada tumbuhan dominan di Taman Kota Kediri. Penelitian dilakukan dengan metode pengamatan secara langsung pada tanaman dominan yang ada di Taman Kota Kediri yaitu Taman Sekartaji, Taman Kota Ngronggo, dan Taman Kota Hutan Jayabaya. Pengamatan tipe stomata dilakukan dengan metode Stomatal Printing dengan menggunakan kutek pada permukaan bawah daun dan diamati dengan menggunakan mikroskop cahaya. Dari hasil penelitian ditemukan 9 jenis tanaman dominan yaitu : Ficus benjamina, Syzygium olenia, Melaleuca leucadendra, dan Cerbera manghas dengan tipe stomata anomositik; Terminalia catappa dan Thespesia populnea dengan tipe stomata anisositik; Longifolium monoon dengan tipe stomata parasitik; Roystonea regia dengan tipe stomata tetrasitik; Azadirachta indica dengan tipe stomata diasitik.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3056
PDF

References

Evert, R.F. 2006. Esau’s Plant Anatomy (Meristems, Cell and Tissues of the Plant Body: Their Structure, Function and Development. 3rd). A John Wiley & Sons. Inc. Publication. New Jersey.

Fahn, A. (1991). Anatomi Tumbuhan. Yogya-karta: Gajah Mada University Press.

Khoiroh Y, Harijati N, Mastuti R, 2014. Pertumbuhan serta Hubungan Kerapatan Stomata dan Berat Umbi pada Amorphophallus muelleri Blume dan Amorphophallus variabilis Blume. Jurnal Biotropika. 5:65-67.

Kuswarini, P.S. 2016. Mengenal Jaringan Tumbuhan dalam Perspketif Imajinasi Tiga Dimensi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Siliwangi.

Mulyani, S. 2006. Anatomi Tumbuhan. Gadjah Mada University Press.

Nugroho, L.H. (2006). Struktur Dan Perkem-bangan Tumbuhan. Jakarta: Penebar Swadaya.

Salisbury, Frank B., Ross, C.W. (1995). Fisiologi Tumbuhan. Bandung: ITB.

Sumardi, I dan Pudjoarianto, A. 1994. Struktur dan Perkembangan Tumbuhan. Fakultas Biologi UGM. Yogyakarta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Anggi Junita Sari, Triana Sari, Sulistiono Sulistiono, Ida Rahmawati, Imas Cintamulya

Downloads

Download data is not yet available.