Tipe-Tipe dan Jumlah Stomata Marga Ipomoea di Kediri Raya
PDF

Keywords

Tanaman
Ipomoea
Stomata

How to Cite

Setyana, P. E. W. ., Sulistiono, S., & Rahmawati, I. . (2024). Tipe-Tipe dan Jumlah Stomata Marga Ipomoea di Kediri Raya. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 163–168. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4504

Abstract

Stomata pada tumbuhan berperan penting untuk pertukaran H20, CO2 dan O2 serta proses fotosintesis, transpirasi dan respirasi, yang lajunya sangat dipengaruhi oleh tipe dan jumlah stomata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe dan jumlah stomata pada marga Ipomoea yang terdapat di Kediri Raya.  Penelitian  dilakukan pada bulan November 2023 sampai Januari 2024 dengan menggunakan metode deskriptif eksploratif. Pengambilan sampel tanaman dilakukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan pembuatan preparat stomata menggunakan metode leaf clearing. Preparat yang sudah jadi kemudian diamati menggunakan mikroskop cahaya yang dilengkapi kamera optilab. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada 4 tipe stomata pada marga Ipomoea di Kediri raya, yaitu tipe paracytic ditemukan pada Ipomoea reptans, Ipomoea triloba, dan Ipomoea aquatica. Sedangkan tipe cyclocytic ditemukan pada  Ipomoea caernea,Ipomoea pes-caprae serta tipe stomata anomocytic pada Ipomoea batatas. Selain itu juga ditemukan tipe stomata anisocytic pada Ipomoea lacunosa. Berdasarkan hasil penghitungan jumlah stomata, terdapat perbedaan jumlah pada permukaan atas dan bawah daun. Jumlah stomata pada permukaan atas daun yang paling banyak terdapat pada spesies Ipomoea taquatica dan yang paling sedikit pada spesies Ipomoea pes-caprae. Sedangkan pada permukaan bawah daun jumlah stomata yang paling banyak pada spesies Ipomoea triloba dan yang paling sedikit pada spesies Ipomoea reptans

 

PDF

References

Adedeji, O., O.Y. Ajuwon, dan O.o. Babawale. 2007. Foliar Epidermal Studies, Organographic Distribution and Taxonomic Importance of Trichomes in the Family Solanaceae. : 276–82.

Abrilliant, P. S., Gunawan, H. R., Sulistiono, S., Rahmawati, I., & Cintamulya, I. (2022, December). Jumlah Stomata pada Tanaman Perindang di Area Pemakaman Kota Kediri. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 432-436).

Clark, James W., Harris, Brogan J., Hetherington, Alexander J., Hurtado-castano, Natalia, Brench, Robert A.,Casson, Stuart,W., Tom A Gray, Julie E., Hetherington, Alistair M. 2022. “Review The Origin and Evolution of Stomata.” Current Biology 32(11): R539–53.

Esau, K. 1977. Anatomy of seed plants. New York.

Fahn, A. 1991. Anatomi Tumbuhan. Gadjah Mada University Press.

Hidayat, Zul. 2013. “TIPE TRIKOMA DAN STOMATA PADA DAUN DARI BEBERAPA SPECIES HIBISCUS (MALVACEAE).” EKSAKTA vol.1: 77–82.

Kartasapoetra, A.G. 1988. Anatomi Tumbuh-Tumbuhan. Jakarta: Bina Aksara

Kirana, R. V. D. L. C., Renanda, J. D., Sulistiono, S., Rahmawati, I., & Cintamulya, I. (2022). Tipe Stomata pada Pohon Perindang Jalan Dominan di Jalan Protokol Kota Kediri. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 447-451).

Latifa, Roimil, Endrik Nurrohman, dan Samsun Hadi. 2022. Stomata Leaves Characteristics of Sapindaceae Family in Malabar Forest, Malang City. Bioscience 6(2): 73.

Muñoz-rodríguez, Pablo dkk. 2023. The Challenges of Classifying Big Genera Such as Ipomoea. 00(00): 1–15.

Nurul, Aini. 2013. 26 STRUKTUR ANATOMI DAUN LENGKENG (Dimocarpus Longan Lour.) KULTIVAR LOKAL, PINGPONG, ITOH, DAN DIAMOND RIVER. Jember: Universitas Jember.

Rahajeng, W., J. Restuono, F. C. Indriani, dan Purwono. 2018. Assesment of Diversity in Sweetpotato Accession Using Quantitative Traits by Clusters Analysis Method. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 197(1).

Sulistiono, Ida Rahmawati, Budhi Utami, dan Mumun Nurmilawati. 2023. Productivity of Sweet Potato ( Ipomoea Batatas ( L .) Lamb .) Crossed Between Antin 1 and Beta 2 Accessions. 06(08): 3517–19.

Sumardi, Issirep. 1993. Struktur Dan Perkembangan Tumbuhan. Yogyakarta: UGM.

Sungkar, Qothrunnada et al. 2017. ANATOMI DAUN RAMBUTAN ( NEPHELIUM LAPPACEUM L .) DAN KERABATNYA. 5(6).

Suratman, Suratman, Dwi Priyanto,dan Ahmad Dwi Setyawan. 1970. Variance Analysis of Genus Ipomoea Based on Morphological Characters. Biodiversitas Journal of Biological Diversity 1(2): 72–79.

Sari, A. J., Sari, T., Sulistiono, S., Rahmawati, I., & Cintamulya, I. (2022, December). Tipe Stomata Daun pada Tanaman Peneduh Dominan di Taman Kota Kediri. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 442-446).

Sulistiono, S.,Rahmawati, I.& Utami, B. (2023). Variasi Struktur Morfologi Umbi dan Daun Ubi Jalar (Ipomoea batatas (L.) Lam.) Hasil Persilangan Alami Asesi Antin 1 dengan Beta 2. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 10(1), 72-78.

Tjitrosomo, Siti Sutarmi. 1983. Botani Umum. Angkasa.

Utami, Rati, Entin Daningsih, dan Reni Marlina. 2018. ANALISIS UKURAN DAN TIPE STOMATA TANAMAN DI ARBORETUM SYLVA INDONESIA PC UNTAN PONTIANAK.”

Willmer, Colin M. 1983. Stomata. Longman Publishing Group.

Downloads

Download data is not yet available.