Pengaruh Video Edukasi Apar Terhadap Tingkat Pengetahuan Apar Pekerja Weaving PT. Sari Warna Asli Boyolali
PDF

Keywords

APAR
Pengetahuan
Video Edukasi

How to Cite

Fransysca, P. ., Widjanarti, M. P. ., & Hastuti, H. . (2024). Pengaruh Video Edukasi Apar Terhadap Tingkat Pengetahuan Apar Pekerja Weaving PT. Sari Warna Asli Boyolali. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 121–124. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4497

Abstract

Kegiatan produksi di PT. Sari Warna Asli Unit II Boyolali berpotensi menimbulkan kebakaran. Perusahaan mengadakan pelatihan APAR bagi pekerja. Namun peserta pelatihan hanya diambil perwakilan saja dan pelaksanaannya sekali dalam setahun, sehingga pengetahuan APAR tiap pekerja berbeda – beda. Belum ada pula media edukasi untuk membantu meningkatkan pengetahuan pekerja mengenai APAR. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video edukasi APAR terhadap tingkat pengetahuan APAR pekerja weaving PT. Sari Warna Asli Boyolali. Penelitian ini berjenis quasi experimental menggunakan desain pretest dan posttest control group. Responden diambil dari pekerja weaving shift A dengan sampel sebanyak 30 orang pada tiap kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil uji Mann-Whitney diperoleh nilai p sebesar 0,000 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pengetahuan APAR pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah video edukasi APAR berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan APAR pekerja weaving PT. Sari Warna Asli Boyolali.

PDF

References

Budiman, & Riyanto, A. 2013. Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Salemba Medika.

Fadhilah, T. M., & Noerfitri. 2023. Pengaruh video pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap penerapan gizi seimbang pada wanita usia subur. Jurnal Ilmu Gizi Indonesia, 6(2), 85–94.

Mizanuzzaman, Md. 2016. Loss and damage assessment in the context of fire hazards: a study on selected garment factories in bangladesh. International Journal of Finance and Banking Research, 2(2), 24–39. https://doi.org/10.11648/j.ijfbr.20160202.11

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Salsabila, N. M. 2022. Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran pada RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar Tahun 2021. Universitas Hasanuddin.

Santosa, P. S., Astriawati, N., Pratama, W., Wibowo, W., & Hartanto, B. 2021. Program pelatihan perlindungan resiko kebakaran dengan pengenalan dan penggunaan APAR. Jurnal Abdimas Unwahas, 6(1), 84–88. https://doi.org/10.31942/abd.v6i1.4438

Sapriyah. 2019. Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 2(1), 470–477.

Sayuti, S., Almuhaimin, Sofiyetti, & Sari, P. 2022. Efektivitas edukasi kesehatan melalui media video terhadap tingkat pengetahuan siswa dalam penerapan protokol kesehatan di smpn 19 kota jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 32–39.

Tamrin, A., Lestari, R. S., & Yusdevitasari. 2019. Edukasi pedoman gizi seimbang (pgs) terhadap pengetahuan dan sikap siswa smp negeri 1 barru. Jurnal Media Gizi Pangan, 185–189.

Wardana, R. P. (2018). Evaluasi pemasangan dan pemeliharaan alat pemadam api ringan di gresik. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 7(3), 261–272.

Zulkifli, & Mangindara. 2020. Analisis kesiapsiagaan rumah sakit dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran di rsud haji provinsi sulawesi selatan. Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia Indonesia, 3(2), 14–20.

Downloads

Download data is not yet available.