Jumlah Stomata pada Tanaman Perindang di Area Pemakaman Kota Kediri
PDF

Keywords

Pemakaman
Perindang
Stomata

How to Cite

Abrilliant, P. S. ., Gunawan, H. R. ., Sulistiono, S., Rahmawati, I. ., & Cintamulya, I. . (2022). Jumlah Stomata pada Tanaman Perindang di Area Pemakaman Kota Kediri . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 432 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3055

Abstract

Pemakaman merupakan tempat yang sakral. Tanaman yang ditanam di area pemakaman merupakan tanaman yang khas. Belum ada penelitian jumlah stomata pada tanaman di kawasan pemakaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah stomata pada tanaman yang hidup di area pemakaman Kota Kediri. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode jelajah di area pemakam TPU Bujel, TPU Mojoroto Gang 5, TPU Ngadisimo, dan TPU Jl. Untung Seropati. an. Data diamati dan dihitung jumlah stomatanya dengan mikroskop di Lab Zoologi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman yang dominan tumbuh di area pemakaman yaitu Kamboja (Plumeria) dengan jumlah stomata 45, Pucuk merah (Syzygium paniculatum) dengan jumlah stomata 68, Mangga (Mangifera indica) dengan jumlah stomata 145, Tanjung (Mimisops elengi) dengan jumlah stomata 28, nangka (artocarpus heterophyllus) dengan jumlah stomata 62, kantil (magnolia alba) dengan jumlah stomata 90, dan Beringin (Ficus benjamina) dengan jumlah stomata 24.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3055
PDF

References

Agustini, M. 1994. Identifikasi Ciri Arsitektur dan Kerapatan Stomata Duapuluh Lima Jenis Pohon Suku Leguminosae untuk Elemen Lansekap Tepi Jalan. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Anu, O. dkk. 2017. Struktur sel epidermis dan stomata daun beberapa tumbuhan suku euphorbiaceae. Jurusan Biologi, FMIPA, Unsrat, Manado, 6(1) 69-73.

Bayu, A dan Anki, N. 2013. Pencegahan dan Pengobatan Herbal. Jogjakarta: Nusa Creativa.

Juairiah, L. 2014. Studi Karakteristik Stomata Beberapa Jenis Tanaman Revegetasi di Lahan Pasca Penambangan Timah di Bangka. Widyariset. 17 (2): 213–218.

Nugroho, L.H. 2006. Struktur dan Perkembangan Tumbuhan. Jakarta: Penebar Swadaya.

Salisbury, Frank B., Ross, C.W. 1995. Fisiologi Tumbuhan. Bandung: ITB.

Sutrian, Y. 2011. Pengantar Anatomi Tumbuh-Tumbuhan Tentang Sel dan Jaringan. Jakarta: Rineka Cipta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Putri Salma Abrilliant, Hana Refri Gunawan, Sulistiono Sulistiono, Ida Rahmawati, Imas Cintamulya

Downloads

Download data is not yet available.