Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pasca Pandemi
PDF

Keywords

Pembelajaran matematika di sekolah menengah kejuruan
keterampilan berpikir kritis
Pandemi Covid 19

How to Cite

Mylina, R. ., Zahro, N. N. ., & Pratiwi, B. O. . (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pasca Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 420 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3053

Abstract

Pandemi covid 19 yang terjadi pada beberapa tahun ini telah berhasil merubah segala hal dari biasanya, tanpa terkecuali dalam dunia pendidikan. Kegiatan pembelajaran yang semula dilaksanakan secara luring berubah menjadi daring atau online melalui handphone dengan bantuan aplikasi pembelajaran. Pada tahun 2022 pandemi di Indonesia sudah mulai mereda, namun masih tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Dengan kondisi tersebut kegiatan pembelajaran juga sudah mulai kembali seperti semula, dilaksanakan secara luring atau offline dengan bertatap muka secara langsung antara guru dan siswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa peralihan dari pembelajaran secara offline ke online kembali lagi ke offline dapat mempengaruhi tingkat fokus dan kemampuan berpikir pada siswa terhadap materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Atas permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui lebih lanjut terkait keterampilan berpikir kritis siswa, terutama dalam menyelesaikan permasalahan matematika pasca adanya pandemi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan, dengan fokus pada keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika pada deret geometri tak hingga berbasis soal HOTS. Soal-soal dengan kategori HOTS ini sangat diperlukan siswa dalam melatih cara berpikir kritis yang lebih kompleks. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes yang berisi soal HOTS, dan dokumentasi untuk memperoleh data tambahan. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Adapun hasil penelitian yang sudah dilakukan yaitu dari 2 siswa yang dijadikan subjek penelitian tersebut memiliki perbedaan keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan matematika yang diberikan.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3053
PDF

References

Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126

Kartikasari, Y., Widodo, M., & Karomani. (2015). Kelayakan Isi Dan Bahasa Pada Buku Teks Bupena Bahasa Indonesia Kelas Vii. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1–6.

Nisja, I. (2018). Analisis Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X SMA. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1), 162–172. https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.734

Pasaribu, A. I., Ritonga, M. N., & Lubis, R. (2021). Analisis Hasil Pembelajaran Matematika Secara Online selama Masa Pandemi COVID-19 Bagi Siswa SMA Kecamatan Sosorgadong. Mathematic Education Journal (MathEdu), 4(1), 126–132. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Yenusi, T., Mumu, J., & Tanujaya, B. (2019). Analisis Soal Latihan Pada Buku Paket Matematika Sma Yang Bersesuaian Dengan Higher Order Thinking Skill. Journal of Honai Math, 2(1), 53–64. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.58

Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126

Kartikasari, Y., Widodo, M., & Karomani. (2015). Kelayakan Isi Dan Bahasa Pada Buku Teks Bupena Bahasa Indonesia Kelas Vii. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1–6.

Nisja, I. (2018). Analisis Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X SMA. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1), 162–172. https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.734

Pasaribu, A. I., Ritonga, M. N., & Lubis, R. (2021). Analisis Hasil Pembelajaran Matematika Secara Online selama Masa Pandemi COVID-19 Bagi Siswa SMA Kecamatan Sosorgadong. Mathematic Education Journal (MathEdu), 4(1), 126–132. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2022). The development of students' worksheets using problem-based learning to improve creativity and time management skills of students. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2468, No. 1, p. 030016). AIP Publishing LLC.

Yenusi, T., Mumu, J., & Tanujaya, B. (2019). Analisis Soal Latihan Pada Buku Paket Matematika Sma Yang Bersesuaian Dengan Higher Order Thinking Skill. Journal of Honai Math, 2(1), 53–64. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.58

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Resa Mylina, Neneng Nikmatul Zahro, Birtha Ourrella Pratiwi

Downloads

Download data is not yet available.