Abstract
Selama masa pandemi COVID-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan bahwa para siswa diwajibkan belajar dari rumah masing-masing. Hal ini menjadikan setiap individu harus keluar dari zona nyaman mereka. Setiap instansi pendidikan di Indonesia mengupayakan berbagai cara agar pembelajaran dari rumah tetap berjalan dengan baik dan efektif, salah satunya adalah dengan penggunaan e-learning sebagai sarana media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dan memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika pada pembelajaran jarak jauh menggunakan e-learning dalam mendukung hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-IPS MAN 1 Kota Kediri tahun ajaran 2018/2019, 2019/2020 dan 2020/2021. Lembar tes dan kuisioner digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data menggunakan analisis varians satu jalur atau one way anova dengan taraf signifikansi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran matematika cukup efektif apabila diterapkan pada siswa dalam mendukung hasil belajar siswa.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Putri Zairotul Mukaromah, Erni Septianawati