Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn melalui Model Pembelajaran Make and Match pada Siswa Kelas VIII A di MTs Sunan Giri Kediri
PDF

Keywords

Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn
Model Pembelajaran Make And Match

How to Cite

Oktaviana, L. ., Andyastuti, E. ., & Suratman, S. (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn melalui Model Pembelajaran Make and Match pada Siswa Kelas VIII A di MTs Sunan Giri Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 193 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3017

Abstract

Penelitian merupakan sebuah upaya serta kegiatan yang dilakukan guna menyelesaikan persoalan yang ada. Penelitian ini sendiri memiliki tujuan guna mengoptimalkan atau meningkatkan hasil dan keaktifan belajar terhadap mata pelajaran PPKn di MTs Sunan Giri Kediri pada saat diterapkan model pembelajaran Make And Match. Model pembelajaran ini sendiri dipilih karaena dirasa sesui guna mengatasi permasalah pada siswa yaitu keaktifan dan hasil belajar PPKn yang terdapat di MTs Sunan Giri Kediri setelah mengalami pergantian dari pembelajaran jarak jauh ke pembelajaran tatap muka secara terbatas. Jenis pada penelitian ini yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakuakn selama dua siklus. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas VIII A yang berjumlah 29 karena karakter dan kondisi kelas tersebut yang paling terdampak serta peneliti mengetahui kondisi kelas dari observasi. Pengumpulan data yang tersaji pada penelitian ini dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data keaktifan dan hasil belajar siswa yang didapat kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pada hasil yang didapatkan di penelitian ini menunjukan bahwa pada implementasi pembelajaran Make and Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mapel PPKn pada siswa kelas VIII A yang di MTs Sunan Giri Kediri. Rata-rata hasil belajar yanf didapat pada siklus I yaitu sebesar 71,45 dengan presentase ketuntasan belajar 51,7%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata pada hasil belajar sebesar 89,86 dengan presentase ketuntasan belajar 86,20%. Dari uraian tersebut dapat diabil kesimpulan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 18,41 dan ketuntasan hasil belajar meningkat sebesar 34,5% sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3017
PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas.(Online). Tersedia: https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_-_Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf Accesed on May 25th 2022

Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Pernada Media Grup.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Linda Oktaviana, Etty Andyastuti, Suratman Suratman

Downloads

Download data is not yet available.