Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila pada Materi Mengenali, Menyadari dan Menghargai Keragaman Identitas melalui Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Kelas X SMKS Cahaya Surya
PDF

Keywords

Hasil Belajar
STAD
Pendidikan Pancasila

How to Cite

Marifani, M., Salim, N., & Sasmita, W. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila pada Materi Mengenali, Menyadari dan Menghargai Keragaman Identitas melalui Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Kelas X SMKS Cahaya Surya. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 1152–1160. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5674

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang menunjukkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas X TKJ SMKS Cahaya Surya Kediri. Hal ini diduga akibat penggunaan metode ceramah yang kurang menyenangkan dan cakupan materi yang luas membuat proses  pemberlajaran yang tidak efektif.Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila meteri mengenal, menyadari dan menghormati keragaman identitas pada siswa kelas X-TKJ SMKS Cahaya Surya? (2) Apakah penerapan model pembelajaran koopetarif tipe Student Team Achivement Division (STAD) dapat meninkatkan hasil Pendidikan Pancasila meteri menyadari dan menghormati keragaman identitas pada siswa kelas X-TKJ SMKS Cahaya Surya?Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan melibatkan siswa X TKJ SMKS Cahaya Surya Kediri sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah Modul Ajar, lembar observasi, dan lembar soal pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi materi Mengenal, Menyadari dan Menghormati Keberagaman Identitas. Hal ini terlihat dari peningkatan tingkat ketuntasan belajar dari 59% (pretest) menjadi 68% (postest siklus I) dan 86% (postest siklus II). Kesimpulannya, penggunaan model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Mengenal, Menyadari dan Menghormati Keberagaman Identitas di dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

PDF

References

Akbal, M. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Seminar Nasional Kerjasama: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar Dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, 485–493.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

BPK. 2023. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003. (online) Diakses tanggal 9 juli 2023

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Innayah, Wulandari. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Vol 4, No 1, Januari 2022 ISSN 2715 – 5110.

lmiyah, N., Sari, A. C., & Febrianto, R. D. (2021). Pengaruh Tingkat Pemahaman Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mater Lingkaran. Jurrnal Majamath : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(September), 113–124.

Ibadullah Malawi & Ani Kadarwati, Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi) (Magetan: CV. AE Grafika, 2017), hal. 96 2 Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi) (Bandung: Refika Aditama, 2014), hal. 37

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Miftahul Huda. Cooperative Learning. (Yogyakarta:Pustaka Belajar, 2011), hal 46 24 Isjoni, 2013, Op.Cit., h.51 25 Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2015), h.201

Kaharuddin, A., Liasambu, L., Pendidikan, D., Universitas, M., & Belajar, H. (2019). Penerapan Model STAD dalam meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa SMP. 04(01), 29–37.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Mardiana, M. (2020). Penerapan Metode Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Di Kelas Xi Ipa. 3 Sma Negeri 1 Bandar Baru. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.47647/jsh.v2i1.133

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiranata, I. H. (2018). KERUKUNAN ANTARUMAT BERAGAMA SEBAGAI DASAR CITY. 3, 64–73.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Downloads

Download data is not yet available.