Abstract
Banyak strategi pembelajaran yang dapat diterapkan oleh seorang guru dalam proses belajar mengajar untuk mencapai kompetensi yang akan dicapai. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila yaitu menerapkan strategi pembelajaran inkuiri. Pembelajaran inkuiri membuat siswa menemukan sesuatu dan mengetahui bagaimana cara memecahkan masalah. Tujuan utamanya yaitu mengembangkan sikap dan keterampilan siswa yang memungkinkan mereka menjadi pemecah masalah yang mandiri dan memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah menengah atas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X SMA Queen AL Falah. Berdasarkan tujuan tersebut dapat dirinci sebagai berikut. (1) mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap keaktifan siswa kelas X SMA Queen AL Falah pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila (2) mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Queen AL Falah pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental design dalam bentuk nonequivalent control group design. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa dan tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa.
References
Dasna, dkk. (2015). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Fauziddin, M., & Laila, A. (2011). Buku Ajar Pengantar Pendidikan. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Fauziddin, M., & Santi, N. N. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wibawa, dkk. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.