Penerapan Nilai-Nilai Karakter Kreatif, Mandiri dan Tanggung Jawab dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn pada Siswa SMP Islam YPWBI Kediri
PDF

Keywords

Motivasi Belajar
Nilai Kreatif
Kemadirian
Tanggung Jawab
Pembelajaran PPKn

How to Cite

Ramayani, A. W. ., & Wiranata, I. H. . (2024). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Kreatif, Mandiri dan Tanggung Jawab dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn pada Siswa SMP Islam YPWBI Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 312–319. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4529

Abstract

Pendidikan merupakan upaya dalam kemampuan sumber daya manusia dengan tujuan agar bisa menjadi manusia yang memiliki karakter dan bisa bertahan hidup. Pendidikan memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan pemahaman akan nilai-nilai penting dalam kehidupan. Artikel ini membahas strategi implementasi nilai-nilai karakter dan upaya meningkatkan motivasi belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Islam YBWI Kediri melalui penerapan nilai karakter kreatif, mandiri, dan tanggung jawab. Kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKN menjadi salah satu kendala-kendala khusus yang menjadi tantangan dan mengakibatkan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran PPKN. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk menginspirasi semangat belajar melalui pengembangan nilai-nilai karakter yang kreatif meningkatkan kemandirian serta memperkuat rasa tanggung jawab siswa terhadap proses pembelajaran.

PDF

References

Alannasir, W. (2016). Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas iv sd negeri mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81.

Hamzah, D. (2018). "Membangun Motivasi Belajar Siswa: Implementasi Karakter Mandiri dalam Pendidikan." Prestasi Pustaka Publisher.

Haryanto, A., & Rizal, A. (2020). Penerapan Nilai Karakter Kreatif dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Sejarah Citra Lekha.

Nurhayati, N., & Supriyadi, S. (2019). Penerapan Nilai Karakter Mandiri dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah.

Sari, A. P., & Mulyani, S. (2020). Penerapan Nilai Karakter Tanggung Jawab dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sihombing, S., Astuti, E. S., Al Musadieq, M., Hamied, D., & Rahardjo, K. (2018). The effect of servant leadership on rewards, organizational culture and its implication for employee’s performance. International Journal of Law and Management, 60(2), 505-516.

Downloads

Download data is not yet available.