Penerapan Merdeka Belajar dalam Menumbuhkan Minat dan Bakat Siswa di SDN 1 Pisang
PDF

Keywords

Merdeka Belajar
Minat Bakat

How to Cite

Fransiska, R. M. ., Wiranata, I. H. ., & Nursalim, N. (2022). Penerapan Merdeka Belajar dalam Menumbuhkan Minat dan Bakat Siswa di SDN 1 Pisang. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 158 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3012

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan yang digunakan agar para siswa dapat memilih mata pelajaran yang diminatinya. Kurikulum Merdeka juga diketahui sebagai pembelajaran yang bersifat intrakurikuler. Yang mana konten akan dioptimalkan sehingga para siswa memiliki waktu yang cukup yang dipergunakan untuk memahami konsep dan menguatkan kemampuan. Hal ini bertujuan agar para siswa dapat mengoptimalkan bakatnya dan dapat memberikan kontribusi terbaik dalam bekerja untuk bangsa. Penerapan merdeka belajar sudah dimulai. Penerapan ini merupakan suatu tantangan bagi guru. Guru diharuskan untuk dapat berkembang dari segi kreativitas dalam menerapkan merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai penerapan merdeka belajar di SDN 1 Pisang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi merdeka belajar di SDN 1 Pisang telah memperlihatkan perkembangan yang baik dilihat dari minat dan bakat siswa, dan sedang berlangsung walaupun dalam penerapannya masih terdapat beberapa hambatan.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3012
PDF

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hajdar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3).

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage Journal.

Sanjaya. (2015). Model Pengajaran Dan Pembelajaran. CV. Pustaka Setia.

Sharuji, W. N. S., & Nordin, N. M. (2017). Kesediaan Guru Dalam Pelaksanaan Kemahiran Berfikir Aras Tinggi (KBAT).

Sudarto, F., Kristiadi, D. P., & Hidayat, W. (2021). Metode Kuantitatif Mengukur Kepuasan Pengguna Web Kampus. Lakeisha.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Alfabeta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Rela Melda Fransiska, Irawan Hadi Wiranata, Nursalim Nursalim

Downloads

Download data is not yet available.