MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENERAPKAN GOOGLE CLASSROOM BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN STAD
PDF

Keywords

Minat Belajar
STAD
Google classroom

How to Cite

Nurlailia, N., Katminingsih, Y., & Widodo, S. (2022). MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENERAPKAN GOOGLE CLASSROOM BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN STAD. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 1(1), 488–495. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1269

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 tepatnya pada awal 2020 Indonesia telah terdampak pandemi yang bermula dari negara China dengan adanya pandemi terpaksa semua kegiatan pembelajaran dilakukan tanpa tatap muka. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi pola belajar peserta didik. Dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti selama magang yang dilaksanakan di SMK PGRI 3 Kediri bahwa ditemukan permasalahan yaitu kurangnya minat belajar peserta didik hal ini didukung oleh fakta yang ditemukan pada kelas google classroom peserta didik tidak merespon perintah guru dan google classsroom hanya digunakan untuk mengisi presensi, pemberian materi, tugas, dan tempat pengumpulan tugas saja. Dengan permasalahan tersebut peneliti menerapkan google classroom berbasis model  pembelajaran Student Teams Achievement Divisions  atau yang biasa dikenal dengan STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan memberikan lembar angket minat belajar peserta didik kelas XI Multimedia dan Perkatoran melalui google formulir. Hasil dari penelitian ini adalah minat peserta didik termasuk dalam kriteria “Baik” dengan presentase sebesar 83,39% sehingga dapat dikatakan bahwa google classroom berbasis STAD baik diterapkan dalam proses belajar mengajar peserta didik kelas XI.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1269
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Nova Nurlailia, Yuni Katminingsih, Suryo Widodo

Downloads

Download data is not yet available.