Abstract
Dalam karakteristik setiap peserta didik tentunya mengacu pada proses kebiasaan berpikirnya dengan istilah habits of mind. Permasalahan yang akan diselesaikan dengan berbagai cara, juga berdampak dalam perkembangan karakter peserta didik. Terdapat 4 karakteristik kebiasaan berpikir atau habits of mind yang diidentifikasi menggunakan metode sistematik review yang konseptual berdasarkan penelusuran pustaka. Berikut hasil penelusuran 4 karakteristik kebiasaan berpikir sebagai karakteristik peserta didik, yaitu : (i) pantang menyerah, (ii) metakognisi, (iii) menanyakan dan mengajukan masalah, dan (iv) terbuka dalam pembelajaran selanjutnya. Dalam 4 karakteristik tersebut masing-masing memiliki indikator yang berbeda.
References
Costa, Arthur.L dan Benna Kallick, 2008. Leading and Learning with Habits of Mind 16 Essential Characteristic for Success, (United States of America: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).
Marzano R. J., Pickering and Mc Righe. (1993). Assessing Student Outcomes. Performance Assessment Using the Dimension of Learning Model. Alexandria, Virginia; Association for Supervision and Curriculum Development.
Ramlah dan Maya, Rippi. 2018. Implementasi Pendekatan Problem Solving Dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Serta Habits Of Mind Siswa MTs. JPPM, 11 (1): 127 – 138.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Ariemathea Ayu, Yuni Katminingsih