PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO UNTUK MENGETAHUI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI
PDF

Keywords

Pembelajaran
Edmodo
Motivasi belajar

How to Cite

Syifaul Qomariyah, I., Katminingsih, Y., & Darsono. (2022). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO UNTUK MENGETAHUI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 1(1), 388 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1258

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses penyampaian informasi dari guru ke siswa. Salah satu unsur yang terkandung dalam proses pembelajaran adalah medianya. Media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh seorang guru untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, banyak media pembelajaran yang diciptakan berbasis internet salah satunya adalah Edmodo. SMK PGRI 3 Kediri merupakan salah satu sekolah yang tidak asing lagi dengan media pembelajaran berbasis internat namun belum pernah menggunakan media pembelajaran Edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa khususnya mata pelajaran matematika pada materi Baris dan Deret. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Eksperimental dengan metode Studi Kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 3 Kediri. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI Akuntansi yang berjumlah 23 siswa. Untuk memperoleh data penulis melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran Edmodo dan membagikan angket atau kuesioner kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata dari motivasi belajar siswa sebesar 81,43 % dengan masuk kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Edmodo terhadap motivasi belajar siswa adalah baik.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1258
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Iva Syifaul Qomariyah, Yuni Katminingsih, Darsono

Downloads

Download data is not yet available.