Pelatihan Digital Marketing Marketplace Berbasis Hyperlocal Communication untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku UMKM di Desa Wisata Joho
PDF

Keywords

Desa wisata Joho
Digital Marketing
Marketplace

How to Cite

Purnama, S. R. ., Auliya, A. N. ., Rahmawati, N. ., Katminingsih, Y. ., & Widodo, S. . (2024). Pelatihan Digital Marketing Marketplace Berbasis Hyperlocal Communication untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku UMKM di Desa Wisata Joho. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v3i1.4481

Abstract

Desa Wisata Joho, peraih penghargaan Desa Terbaik Inovasi Terbaik 2016, mengalami penurunan signifikan pengunjung akibat pandemi Covid-19, Hal ini sangat terasa bagi pelaku UMKM yang bergantung pada wisatawan. Pengabdian ini bertujuan untuk menerapkan strategi inovatif melalui pelatihan digital marketing marketplace berbasis hyperlocal communication dalam meningkatkan daya saing pelaku UMKM di Desa Wisata Joho. Metode penelitian ini menggunakan metode Hyperlocal Communication dengan prinsip Kolektif Kolegial. Teknik analisis data pada pengabdian ini dilakukan dengan cara kualitatif deskriptif. Pengabdian ini terbagi menjadi tiga tahapan yaitu 1) tahap persiapan (koordinasi dan check and balance); 2) tahap penyuluhan (pelatihan dan aktualisasi) dan 3) tahap penutupan (festival panen raya). Hasil pengabdian ini didapatkan hasil bahwa program pelatihan digital marketing marketplace berbasis hyperlocal communication yang dilakukan oleh tim PPK Ormawa HIMAPTIKA menjadi langkah strategis dalam meningkatkan daya saing pelaku UMKM di Desa Wisata Joho.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v3i1.4481
PDF

References

Edy, Sutrisno. 2021. Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor UMKM dan Pariwisata. Jurnal Lemhannas RI 9(1): 167–85.

Fadly, Hawangga Dhiyaul, and Sutama Sutama. 2020. Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global 5(2): 213–22.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-76.

Hadi, Demaz Fauzi, and Kiki Zakiah. 2021. Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi_Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Competitive 16(1): 32–41.

Kotler, Amstrong. 2012. Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi Lima Belas Jakarta: Penerbit Erlangga.

Nurdina, Ardhiani, M. R., Handayani, C. M. S., & Asj’ari, F. (2021). Strategi Pemberdayaan UMKM Makanan Berbasis Kearifan Lokal Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Slempit Kedamean Gresik. Ekobis Abdimas, 2(1), 43–51. doi: https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.2.1.3903

Pavlov, Plamen. 2012. Hyperlocal Communication as a Function of Globalization. Rhetoric and Communications E-Journal (4).

Priantana, A. P., & Santoso, E. (2019). Strategi Promosi Objek Wisata Alam Situ Gede Kota Tasikmalaya. Jurnal Komunikasi Global, 8(1), 104–115. doi: https://doi.org/10.24815/jkg.v8i1.13586

Purnama, S. R., Dari, S. W., Ilham, S. M., Kristianti, L., Prasetyani, T. J., & Nurfahrudianto, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Geometry Of Mathematics (GEOMATHICS) Dengan Metode Gamifikasi Untuk Mengatasi Learning Loss Pasca Pandemi. Jurnal Koulutus, 1-13. doi: https://doi.org/10.51158/koulutus.v5i2.825

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Sonny, P. M. K., & Harmadi, H. B. (2020). Menyiapkan Desa Wisata di Masa Pandemi. Kemenkopmk. https://www.kemenkopmk.go.id/menyiapkan-desa-wisata-di-masa-pandemi

Was’an, Guruh Herman, Destiana Utarindasari, and Suratminingsih Suratminingsih. 2023. Transformasi Digital Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM Cileungsi: Pengabdian Dalam Implementasi Solusi Inovatif. Bhakti Yustisia 1(1): 22–28. https://journal.pascasarjana-unpas.web.id/index.php/bhayu/article/view/47.

Wihartanti, L. V., Styaningrum, F., & Noegraha, G. C. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Produk Kopi Kare Dan Wisata Alam Berbasis Ekowisata Di Desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 57. https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.5226

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Sephia Rahayu Purnama, Ahmad Nur Auliya, Nur Rahmawati, Yuni Katminingsih, Suryo Widodo

Downloads

Download data is not yet available.