Abstract
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti berawal dari pentingnya peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Etnomatematika mencakup budaya yang mengandung konsep matematika. Kehadiran budaya dalam pembelajaran matematika memberikan dampak signifikan pada perkembangan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan permainan kelereng dalam pendekatan etnomatematika sebagai sarana pembelajaran matematika untuk Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan kelereng yang memuat unsur matematika yang terkait dengan konsep geometri, seperti bola, segitiga, lingkaran, perhitungan dan jarak. Konsep geometri dalam permainan kelereng ini dapat digunakan pendidik sebagai sarana pembelajaran matematika dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri melalui pendekatan budaya setempat bagi siswa Sekolah Dasar.
References
Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics in perspective of sundanese culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1-16. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/3877
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25-38.
Albulaqi, H. (2020, Desember 4). Permainan Tradisional Kelereng Apakah Masih Ada Di Desamu? Retrieved from Profil Desa: https://daridesa.com/profil-desa/permainan-tradisional-kelereng-apakah-masih-ada-di-desamu/
Andriani, T. (2012). Permainan tradisional dalam membentuk karakter anak usia dini. Sosial Budaya, 9(1), 121-136.
Anggi. (2018, Juli 19). Permainan Tradisional : Kelereng. Retrieved from https://anggisrblog.wordpress.com/2018/07/19/permainan-tradisional-kelereng/
Ariyanti, M. S. (2023, Januari 31). Permainan Kelereng : Cara Bermain dan Manfaatnya Bagi Anak. Retrieved from Umum: https://happyplayindonesia.com/permainan-kelereng-cara-bermain-dan-manfaatnya-bagi-anak/
Azhim, A. (2018, Agustus 12). Permainan Kelereng. Retrieved from Kelereng: https://budaya-indonesia.org/Kelereng-1
Creswell, J. W. (1998). Qualitatif Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc: California.
Dwianto, A. (2015, Agustus 18). Inilah Manfaat Kelereng Bagi Anak Kita. Retrieved from Permainan: http://www.sangpengajar.com/2015/08/inilah-manfaat-kelereng-bagi-anak-kita.html
Dwidayati, N. (2018, February). Pengintegrasian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 516-521).
Fad, A. (2014). Kumpulan Permainan Anak Tradisional Indonesia. Jakarta: Cerdas Interaktif (Penebar Swadaya Grup).
Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika permainan kelereng. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 32-40. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a3
Khosasi, L., Damajanti, M. N., Muljosumarto, C. (2018). Perancangan media pengenalan permainan tradisional untuk mendukung tumbuh kembah anak usia 6-9 tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12),1-6.
Kurniawati. (2010). Main Yuk! 30 Permainan Tradisional Jawa Barat. Bandung: PG PAUD UPI.
Mei, M. F., Seto, S. B., & Wondo, M. T. S. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Kelereng pada Anak Masyarakat Kota Ende. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 5(1), 29-38. DOI: https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1611
Muzaki, A., & Chadis, C. (2021). PERMAINAN TRADISIONAL DI KELURAHAN MERUYUNG KECAMATAN LIMO KOTA DEPOK. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 4(1), 79-84.
Nataliya, P. (2016). Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343-358.
Romadoni, A. N. (2017). Aspek-aspek Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Banjar dan Penggunaan Aspek-aspek tersebut untuk Pengembangan Paket Pembelajaran Matematika. Tesis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Sari, N. H. M., & Switania, R. N. (2021, January). EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA DALAM PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 2, pp. 75-82).
Sirate, S. F. S. (2017). Studi Kualitatif tentang aktivitas etnomatematika dalam kehidupan masyarakat Tolaki. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.
Siswapedia, T. (2016, Agustus 16). Macam-Macam Permainan Kelereng. Retrieved from Permainan Tradisional: https://www.siswapedia.com/macam-macam-permainan-kelereng/
Suryawan, I. G. A. J. (2020). Permainan tradisional sebagai media pelestarian budaya dan penanaman nilai karakter bangsa. Genta Hredaya: Media Informasi Ilmiah Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 2(2).
Suwarsono, St. (2015). Involving Culture in the Teaching and Learning of Mathematics as a Means for Understanding and Exploring the Applications of Mathematics. (Proceedings published in 2016).
Tyaningsih, R. Y., Salsabila, N. H., Samijo, S., & Jatmiko, J. (2020). Pengembangan MUPEL (multimedia peluang) berbasis etnomatematika dalam permainan tradisional anak (Dakon). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 39-53. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14255
Zhoga, E. F. E., Fiantika, F. R., & Jatmiko, J. (2021). Gamelan Sebagai Media Discovery Learning untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 16–38. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.11996