Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika
PDF

Keywords

Matematika
Etnomatematika
Pembelajaran Matematika

How to Cite

Dari, S. W. ., & Jatmiko, J. (2024). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 269–278. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4522

Abstract

Dalam perkembangan zaman peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sangat memiliki andil yang signifikan. Pada konteks kemajuan teknologi pendidikan, kurikulum pendidikan turut berperan, terutama dalam mengembangkan aspek budaya yang terintegrasi dalam pembelajaran sekolah. Hal ini bertujuan agar siswa dapat menjadi generasi yang memiliki karakter kuat dan mampu menjaga serta melestarikan budaya sebagai pondasi karakter bangsa. Fleksibilitas kurikulum pendidikan menjadi keharusan agar dapat beradaptasi dengan perubahan zaman, termasuk integrasi budaya dalam proses pembelajaran di sekolah. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat mengenali dan menghargai warisan budaya nenek moyang mereka, serta memiliki kemampuan untuk menjaga dan melestarikan budaya sebagai unsur penting dalam pendidikan nasional. Pentingnya praktik budaya tidak hanya sebatas aspek sosial, namun juga memiliki dampak positif pada pembelajaran matematika. Faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar peserta didik, khususnya dalam matematika, termasuk kemampuan mereka dalam memahami konsep matematika. Fokus dalam penelitian ini adalah mengetahui peran etnomatematika pada pembelajaran matematika khususnya untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran etnomatematika menjadi kunci untuk memperdalam pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran matematika, terutama dengan menghubungkannya dengan kearifan budaya yang melekat pada masyarakat setempat. Etnomatematika tidak hanya muncul sebagai konsep teoretis, tetapi juga sebagai alat yang dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Dalam artikel ini, terdapat eksplorasi etnomatematika dari berbagai daerah, yang menggambarkan hubungan erat antara etnomatematika dengan konsep-konsep dasar pembelajaran matematika. Melalui pemahaman ini, diharapkan siswa dapat lebih terlibat dan termotivasi dalam belajar matematika, sekaligus memperkaya pengetahuan mereka tentang kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat tempat tinggal mereka.

PDF

References

Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Andriono, R. (2021). Analisis peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Arwanto, A. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon untuk Mengungkap Nilai Filosofi dan Konsep Matematis. Phenomenon: Jurnal Pendidikan Mipa, 7(1), 40-49.

Barton, B. 1996. Ethnomathematics: Exploring Cultural Diversity In Mathematics. 1996. (Dissertation). University Of Auckland, Auckland).

Balitbang. (2015). Survei Internasional TIMSS. Diunduh dari http:// litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss tanggal 24 November 2017.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48

Fitri, E., Sari, P., & Hartono, Y. (2018). Etnomatematika pada kebudayaan rumah adat ogan komering ulu sumatera selatan. Journal of Medives, 2(1): 137–144

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. 2(3).

Harahap, N. (2014). penelitian kepustakaan. Jurnal Iqro, 8(2).

Hartanti, S., & Ramlah, R. (2021). Etnomatematika: Melestarikan Kesenian dengan Pembelajaraan Matematika. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(2): 33.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Heryan, U. (2018). Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2): 94–106. Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1): 106–114.

Khalimah, N., Farin, K. I., Nikmah, M., Ni’mah, K., & Jatmiko, J. (2017). Budaya Kediri Dalam Pembelajaran Matematika (Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Etnomatematika Melalui Pendekatan Saintifik). JIPMat, 2(1), 65–71. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1482

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1): 106–114.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1), 1-8.

Rahmadhani, M. K., & Fitriza, R. (2023). Pengembangan Pocket Book Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Untuk Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 155-168.

Richardo, R. 2016. Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Universitas Alma Ata Yogyakarta 7(2), 118- 125

Rosa, M. & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia Pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Penerapan MIPA, Tanggal Mei 18, 2013. Universitas Negeri Yogyakarta

Ruseffendi, E.T. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sariningsih, R., & Kadarisma, G. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Etnomatematika. P2M STKIP Siliwangi, 3(1): 53.

Shadiq, F. 2014. Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siswono, T. Y. E. 2012. Belajar dan Mengajar Matematika Anak Usia Dini. Seminar Pendidikan Anak Usia Dini di Sidoarjo, 18 Pebruari 2012, Kerjasama Guru PAUD se-kabupaten Sidoarjo. Surabaya.

Supriadi. 2010. Pembelajaran Etnomatematika dengan Media Lidi dalam Operasi Perkalian Matematika untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Cinta Budaya Lokal Mahasiswa PGSD. Jurnal Seminar Nasional STKIP Siliwangi. Serang: Sekolah Pascasarjana UPI.

Tyaningsih, R. Y., Salsabila, N. H., Samijo, S., & Jatmiko, J. (2020). Pengembangan MUPEL (multimedia peluang) berbasis etnomatematika dalam permainan tradisional anak (Dakon). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 39-53. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14255

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013, November). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY (Vol. 1, No. 1, pp. 114-118).

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Madura. Jurnal Sigma 2(2), 36- 40.

Downloads

Download data is not yet available.