Etnomatematika dalam Jembatan Lama kediri untuk Meningkatkan Pemahaman Geometri pada Siswa
PDF

Keywords

Etnomatematika
konsep
geometri
jembatan

How to Cite

Damayanti, I. M. ., & Jatmiko, J. (2024). Etnomatematika dalam Jembatan Lama kediri untuk Meningkatkan Pemahaman Geometri pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 249–256. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4519

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana penggabungan konsep kebudayaan dengan pendidikan dapat diterapkan pada pembelajaran geometri di Jembatan Lama Kediri dengan menggunakan ide-ide etnomatematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peristiwa yang terjadi. Pengumpulan informasi untuk menguraikan atau menggambarkan kebudayaan atau aspeknya disebut etnografi. Tujuan dari pendekatan etnografi adalah untuk menyelidiki dan mendapatkan deskripsi serta analisis mendalam dari suatu kelompok kebudayaan. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan proses berpikir mendalam dan pemahaman fakta melalui pemahaman yang sesuai dengan nilai-nilai yang diutamakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa geometri dimana jembatan penghubung ini memiliki ruang masing-masing, serta rincian bentuk bangunan yang terdiri dari segi empat, segitiga, balok, prisma segitiga, prisma segi enam.

PDF

References

Andari, R. D., Wahyuni, S., Arohman, R. K., & Zayyadi, M. (2022). Eksplorasi Eduwisata Garam Sebagai Metode Pembelajaran Matematika Era New Normal. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 40-52. DOI: http://dx.doi.org/10.30983/lattice.v2i1.5275

D'Ambrosio, U. (1990). The role of mathematics education in building a democratic and just society. For the learning of mathematics, 10(3), 20-23.

Dhofir, D., Halim, D., Nisa, S., & Zayyadi, M. (2019). Loteng (Selodor Bhanteng): Media Nostalgia dalam Menanamkan Konsep Matematika pada Anak Madura. Jurnal Elemen, 5(2), 220. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1344

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Hartoyo, A. (2013). Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1). https://doi.org/10.26418/jpmipa.v2i1.2180

Hiebert, J., & Carpenter, T. P. (1992). Learning and teaching with understanding. Handbook of research on mathematics teaching and learning: A project of the National Council of Teachers of Mathematics, 65, 97.

Khalimah, N., Farin, K. I., Nikmah, M., Ni’mah, K., & Jatmiko, J. (2017). Budaya Kediri Dalam Pembelajaran Matematika (Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Etnomatematika Melalui Pendekatan Saintifik). JIPMat, 2(1), 65–71. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1482

Kusumawardani, F. T., & Maria, N. (2021). Eksplorasi konteks aktivitas masyarakat petani pada pembelajaran matematika sd melalui cerita dilematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 2170-2181. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/40029

Mahmudi, A. (2007). Pengembangan pembelajaran matematika SDNyimas Aisyah. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas, 1–9.

Medyasari, L. T., Zaenuri, & Dewi, N. R. (2019). Eksplorasi etnomatematika bangunan kota lama di Kota Semarang. Seminar Nasional Pascasarjana, 982–991.

Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205–221. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.466

Pei, J., Job, J. M., Poth, C., & Atkinson, E. (2013). Assessment for Intervention of Children with Fetal Alcohol Spectrum Disorders: Perspectives of Classroom Teachers, Administrators, Caregivers, and Allied Professionals. Psychology, 04(03), 325–334. https://doi.org/10.4236/psych.2013.43a047

Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics Etnomatemática: os aspectos culturais da matemática. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54.

Rosa, M., & Shirley, L. (2016). Introduction. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4_1

Tyaningsih, R. Y., Salsabila, N. H., Samijo, S., & Jatmiko, J. (2020). Pengembangan MUPEL (multimedia peluang) berbasis etnomatematika dalam permainan tradisional anak (Dakon). Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 39-53. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14255

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa: Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, 1, 111–118.

Downloads

Download data is not yet available.