Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Grafurat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
PDF

Keywords

pembelajaran Interaktif
Powerpoint

How to Cite

Dewi, S. K. ., Febriansah, A. T. ., Chanifa, N. I. ., & Jatmiko, J. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Grafurat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 575–579. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4569

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran interaktif Grafurat khususnya   dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam satuan pendidikan. Melalui perkembangan teknologi, media pembelajaran interaktif telah menjadi topik yang semakin mendapat perhatian dalam dunia pendidikan. Media ini telah menjadi upaya dalam meningkatkan metode pengajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan menarik bagi siswa. Dalam artikel ini, data hasil belajar siswa didapatkan melalui tes pretest dan posttest serta melalui observasi terhadap partisipasi siswa selama proses pembelajaran di kelas. Hal ini menunjukkan dampak positif dari media pembelajaran interaktif Grafurat dalam proses pembelajaran. Melalui artikel ini, dapat dilihat bahwa pentingnya penggunaan media pembelajaran interaktif seperti Powerpoint interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui pendekatan yang seimbang dan mendalam, diharapkan dapat menjadi panduan para pendidik dalam memanfaatkan media pembelajaran interaktif secara efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

PDF

References

Amir, Z., Risnawati, Z. A. M. P. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika (1st ed.). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Anyan, Benediktus Ege, Hendry Faisal. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT POWER POINT. JUTECH : Journal Education and Technology, 1(1). https://doi.org/10.31932/jutech.v1i1.690

Budiyono. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475

Darmadi dan Handoyo, B. (2016). Tahapan Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri.

Hulu. (2023). Problematika Guru Dalam Pengembangan Teknologi dan Media Pembelajaran. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 840–846. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.285

Khuzaini, N., & Santosa, R. H. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran trigonometri menggunakan Adobe Flash CS3 untuk siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 88–99. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9681

Maiata Devi. (2018). Edumatica Volume 08 Nomor 01 April 2018 Maiata Devi Ariska, Darmadi, Wasilatul. 08.

Mimbadri, Suharto, & Oktavianingtyas. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Online Classflow Berbantuan Software Geogebra pada Materi Integral Luas Daerah. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 121. https://doi.org/10.36815/majamath.v2i2.410

Sugandi, M. K., & Rasyid, A. (2019). Pengembangan Multimedia Adobe Flash Pembelajaran Biologi Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Konsep Ekosistem: Developing of Adobe Flash Multimedia Learning Biology Through Project Based Learning to Increase Student Creativity in Ecosystem Concepts. BIODIK, 5(3), 181–196. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7869

Downloads

Download data is not yet available.