Eksplorasi Etnomatematika pada Museum Airlangga Kota Kediri
PDF

Keywords

museum airlangga
etnomatematika
konsep matematika

How to Cite

Firmaningtyas, L. A. ., & Jatmiko, J. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Museum Airlangga Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 294–302. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4525

Abstract

Matematika adalah ilmu yang mempelajari bentuk, besaran, dan konsep yang saling berhubungan serta dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kebudayaan merupakan satu kesatuan yang utuh yang dapat diterapkan pada masyarakat sehingga budaya sangat dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Pengaitan budaya dan matematika diharapkan dapat menjadikan pembelajaran lebih inovatif, menyenangkan sekaligus bisa lebih mengenal budaya yang ada di sekitarnya. Etnomatematika merupakan wadah untuk menjembatani matematika dengan konteks budaya lokal. Tujuan penelitian ini yaitu mengeksplorasi konsep etnomatematika yang terdapat pada bangunan bersejarah yang ada di kota kediri yaitu Museum Airlangga khususnya pada materi bangun ruang dan bangun datar yang terdapat pada benda-benda bersejarah di Museum Airlangga sehingga dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa. Jenis Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan datanya berupa observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat eksplorasi etnomatematika pada benda-benda bersejarah yang ada di museum Airlangga terkhusus konsep matematika, yakni bangun ruang dan bangun datar yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran kontekstual di sekolah.

PDF

References

Agasi, G. R., & Wahyuono, Y. D. (2016). Kajian etnomatematika : studi kasus penggunaan bahasa lokal untuk penyajian dan penyelesaian masalah lokal matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 527–540. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21688

Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2), 159-170.

Anintya, Y. A., Rochmad, & Mastur, Z. (2019). Representasi matematis bernuansa etnomatematika dan self directed learning. PRISMA (Prosding Seminar Nasional Matematika), 2, 899–904. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29302

Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2018). Etnomatematika dan pemecahan masalah kombinatorik. Etnomatematika dan Pemecahan Masalah Kombinatorik, 3(2), 111–118–111–118. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.907

Cahyanti, E. D., Sugiarti, T., Monalisa, L. A., Susanto, & Yudianto, E. (2020). Etnomatematika Pada Aktivitas Pembuatan Batik Motif Tembakau Di Rumah Produksi Batik Nhora Pengestu Ambulu Sebagai Bahan Paket Soal Tes. KadikmA, 11(2), 9–22. https://doi.org/10.19184/kdma.v11i2.19797

Destrianti, S., Rahmadani, S., & Ariyanto, T. (2019). Etnomatematika dalam seni tari kejei sebagai kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 116. https://doi.org/10.29300/equation.v2i2.2316

Dosinaeng, W. B. N., Lakapu, M., Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2020). Etnomatematika pada Lopo Suku Boti dan integrasinya dalam pembelajaran matematika. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 117. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3443

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589

Fauzi, L. M., Hanum, F., Jailani, J., & Jatmiko, J. (2022). Ethnomathematics: Mathematical Ideas and Educational Values on the Architecture of Sasak Traditional Residence. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 250-259. DOI: http://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21775

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: aplikasi bangun datar segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99–110. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707

Hasanuddin, H. (2017). Etnomatematika melayu: pertautan antara matematika dan budaya pada masyarakat melayu Riau. Sosial Budaya, 14(2), 136. https://doi.org/10.24014/sb.v14i2.4429

Hasibuan, H. A., & Hasanah, R. U. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Ornamen Interior Balairung Istana Maimun Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1614- 1622.

Ibrahim, S. W. (2021). Analisis etnomatematika pada kerajinan anyaman bambu terhadap pemebelajaran matematika di kabupaten Sukabumi. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 4(2), 35-40.

Irawan, A., Lestari, M., & Rahayu, W. (2017). Pendekatan unsur etnomatematika dalam pengenalan motif batik khas Bali. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 34–39.http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/sen_2017/sen_2017/paper/view/1629

Iskandar, D. (2021). Etnomatika pada permainan setatak sebagai bahan pembelajaran bangun datar (lingkaran, persegi dan persegi panjang). Jurnal Peka, 4(2), 52–56. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.847

Kuntarto, E. (2017) Etnomatematika: Model baru dalam pemebelajaran. Jurnal gantang. 2(2), 133-144.

Lisnani, Zulkardi, Putri, R. I. I., & Somakim. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), pp. 359–370.

Nada, Q., Darmawan, P., & Yohanes, B. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 77-85.

Negoro, S.T. & Harahap, B. (2010). Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pertiwi, I. J., & Budiarto, M. T. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada gerabah Mlaten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 438–453. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.257

Purniati, T., Turmudi, T., Juandi, D., & Suhaedi, D. (2021). Ethnomathematics exploration of the masjid raya bandung ornaments in transformation geometry materials. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 235–243.

Putri, L. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 136837. https://doi.org/10.30659/pendas.4.1.

Safitri, J. D., Rinaldi, A., & Suherman, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Upacara Adat Pernikahan Suku Lampung, Jawa, Dan Bali. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 386-392.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I.N. (2018) ‘Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa’, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2). Available at: https://ejournal.unib.ac.id/index.p hp/jpmr/article/view/75211.

Setiana, D. S. (2020) The role of ethnomathematics in welcoming the society 5.0. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Available at: https://doi.org/10.2991/assehr.k.2 00827.130.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya. Ponorogo.

Siddiq, M., & Salama, H. (2019). Etnografi sebagai teori dan metode. KORDINAT (Journal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam), 18, 23–48. 10.15408/kordinat.v18i1.11471

Zhoga, E. F. E., Fiantika, F. R., & Jatmiko, J. (2021). Gamelan Sebagai Media Discovery Learning untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 16–38. https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i1.11996

Downloads

Download data is not yet available.