Abstract
Kampus Mengajar salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) adalah salah satu kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk mengajar di sekolah-sekolah, terutama di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Adapun kegiatan kampus mengajar ini meliputi: kegiatan literasi dan numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi sekolah. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian yang dilakukan program literasi dasar yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi literasi siswa sekolah dasar melalui implementasi program kerja kampus mengajar angkatan 6. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen, peneliti mencoba memenuhi kriteria eksperimen dengan mengadakan pre-test dan post-test untuk mengukur perolehan dari perlakuan (treatment) pada objek penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan kompetensi literasi siswa di sekolah dasar melalui implementasi program kerja kampus mengajar angkatan 6 di SD Katolik Frateran II Kota Kediri mengalami peningkatan dapat dilihat dari rerata nilai pre-test 63,25 setelah dilaksanakan serangkain program literasi oleh tim kampus mengajar angkatan 6 rerata nilai post-test mengalami peningkatan menjadi 66,5.
References
Asrijanty, A. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan implikasinya pada pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran.
Barker, C., Pistrang, N., & Elliot, R. (2002). Handbook of Research Methods in Clinical Psychology, 2nd Edition. In Behaviour Research and Therapy (Vol. 40, Issue 4). John Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1016/s0005-7967(01)00040-7.
Chusnudhin, R. M. F., Ahshoni, A. F., Nafsak, A. A., Permana, K. L., & Sari, A. F. (2023). The mathematical reasoning abilities of students in solving numeracy literacy problems reviewed from reflective-impulsive cognitive style. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(2), 219-229. https://doi.org/10.29407/jmen.v9i2.21273
Fahrianur, F., Monica, R., Wawan, K., Misnawati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 102-113.
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098.
Lestari, F, & Andriani, D. G. (2019). Validasi modul berbasis literasi pada mata kuliah statistika matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 36-42. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12854
Manurung, R. N. N. (2022). Peran Program Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kemandirian Mahasiswa melalui Kampus Mengajar. Journal on Education, 5(1), 591-600.
Marhaeni, A. A. I. N. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). WEBINAR Universitas Pendidikan Ganesha. https://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/pengabdian/Pengembangan+Pemb+Matematika_1.pdf
Nuurjannah, P. E. I., Amaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 15 - 28. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12016
Patel, M., & Patel, N. (2019). Exploring Research Methodology. International Journal of Research and Review, 6(3), 48–55
Sari, R. D., Lusiana, R., & Susanti, V. D. (2023). Analysis of students’ mathematical literacy ability in solving minimum competency assessment (AKM) problems. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(1), 1-14. https://doi.org/10.29407/jmen.v9i1.18516
Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69.
Strijker, D., Bosworth, G., & Bouter, G. (2020). Research methods in rural studies: Qualitative, quantitative and mixed methods. Journal of Rural Studies, 78, 262– 270. https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.20 20.06.007.