Implementasi Kampus Mengajar Fokus Pada Literasi Siswa SMP Kelas VIII
PDF

Keywords

Implementasi
kampus mengajar
literasi

How to Cite

Muna, A. H. I. ., & Widodo, S. . (2024). Implementasi Kampus Mengajar Fokus Pada Literasi Siswa SMP Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 611–616. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4583

Abstract

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi meluncurkan program Merdeka Belajar. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan mahasiswi di seluruh Indonesia untuk mengembangkan kemampuannya sesuai bakat dan minat masing-masing. Program kampus mengajar melibatkan mahasiswa di setiap kampus mengajar yang melibatkan seluruh mahasiswa Indonesia. Penelitian ini fokus pada peningkatan literasi siswa sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama dengan kriteria 3T (Terdepan,Terluar,dan Tertinggal) karena rendahnya kemampuan literasi siswa sangat berdampak pada jenjang Pendidikan yang lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode observasi yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui suatu pengamatan, dengan disertai pencatatan-pencatatan terhadap keadaan atau perilaku objek sasaran. Dari observasi yang sudah dilakukan mendapatkan hasil bahwa tingkat literasi siswa tergolong sangat rendah dan konsep pembelajaran yang cenderung monoton. Dari uraian tersebut, maka peneliti akan melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan keterampilan literasi siswa melalui implementasi kampus mengajar.

PDF

References

Arahmah F., Yudha CB., dan Ulfa M. 2021. Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi pada Matematika melalui Metode Student Facilitator and Explaining. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 2021, 209-218.

Daroin AD., Santoso OVK., Pranidia DMA., dan Halimah LL. 2022. KEM D’edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 Tahun 2022 hal 38-49.

Hikmawati, N. (2018). Analisa Kesiapan Kognitif Siswa Sd/Mi. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 6(1), 109–128. https://doi.org/10.52185/kariman.v6i1.15.

Munahefi DN., Lestari FD., Mashuri, dan Kharisudin I. 2023. Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi melalui Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 663-669.

Putri, L. D.,Repi, & fitridawati Soehardi. (2018). Pemberdayaan Mahasiswa Fakultas Teknik Dengsan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Dinamis Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,2(2), 315-321. https://doi.org/10.31849/dinamis.v2i2.1184.

Rahmah, A. N. A., and Triristina, N. (2021). Kampus Mengajar : Transformasi Budaya Belajar Siswa dalam Adptasi Kebiasaan Baru di Madura. NiCMa: National Conference Multidisplinary, 1 (1), 34-39.

Siregar P. 2022. Pelaksanaan Pembelajaran Literasi Numerasi pada Siswa Kelas 5B SD Negeri 101880 Aek Godang Padang Lawas Utara. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6 (2): 366-376.

Syafii, A. (2018). Perluasan dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Dirāsāt: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(2), 153– 171.

Downloads

Download data is not yet available.