Abstract
Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 6 yang merupakan bentuk
pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan
Riset dan Teknologi. Program ini didasari atas kurang efektifnya pelaksanaan literasi yang ada di SMP Negeri 1
Ngluyu. Hal tersebut terlihat dari rendahnya tingkat kemampuan literasi peserta didik. Dengan permasalahan
yang ada mahasiswa kampus mengajar membuat program kerja play and learn TTS literasi untuk
meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi peserta didik. Metode yang digunakan pada pengabdian
ini berupa pembiasaan literasi peserta didik di SMP Negeri 1 Ngluyu. Pembiasaan literasi ini difokuskan utama
di kelas VIII dikarenakan pre-test dan post-test AKM literasi dilaksanakan di kelas VIII. Hasil akhir dari kegiatan
ini yaitu pembiasaan literasi untuk peserta didik di SMP Negeri 1 Ngluyu serta meningkatkan peran dan
kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.
References
Amri, Saeful & Rochmah, Eliya. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA
TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. EduHumaniora | Jurnal
Pendidikan Dasar Kampus Cibiru.
Gipayana. (2004). Ppengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks
Pembelajaran Menulis di SD. jurnal ilmu pendidikan, 11(1), 1-12.
Hartati, T. (2016). Multimedia Dalam Pengembangan Literasi di Sekolah Dasar Terpencil
Jawa Barat. edutech, 15 (3), 303.
Islam, A. N. (2015). Hubungan Literasi Sains dan Kepercayaan Diri Siswa Pada Konsep Asam
Basa. JPPI, 1(1), 16-25.
Pakpahan. (2017). Pengembangan Media Berbasis Teknologi Augmented Reality Bermuatan
Wawasan Kebangsaan Pada Tokoh Kepahlawanan. EduHumaniora | Jurnal
Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 331-348.
Suwono, R. & S. (2017). Peningkatan Literasi Saintifik Siswa Sma Melalui Pembelajaran
Biologi Berbasis Masalah Sosiosains. jurnal ilmu pendidikan, 21(2), 136-144.
Yuliyati. (2014). Model budaya baca-tulis berbasis balance literacy dan gerakan informasi
literasi di SD. jurnal ilmu pendidikan, 20(1), 117-126.
Yunansah, a. m. (2017). pembelajaran literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi
Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. jakarta : bumi aksara.