Peningkatan Kemampuan Literasi Peserta Didik Melalui Program Kerja Play and Learn TTS Kampus Mengajar Angkatan 6
PDF

Keywords

literasi
play and learn
teka-teki silang

How to Cite

Arianti, C. M. ., & Sulitiyono, B. A. . (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Peserta Didik Melalui Program Kerja Play and Learn TTS Kampus Mengajar Angkatan 6. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 447–452. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4549

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 6 yang merupakan bentuk
pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan
Riset dan Teknologi. Program ini didasari atas kurang efektifnya pelaksanaan literasi yang ada di SMP Negeri 1
Ngluyu. Hal tersebut terlihat dari rendahnya tingkat kemampuan literasi peserta didik. Dengan permasalahan
yang ada mahasiswa kampus mengajar membuat program kerja play and learn TTS literasi untuk
meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi peserta didik. Metode yang digunakan pada pengabdian
ini berupa pembiasaan literasi peserta didik di SMP Negeri 1 Ngluyu. Pembiasaan literasi ini difokuskan utama
di kelas VIII dikarenakan pre-test dan post-test AKM literasi dilaksanakan di kelas VIII. Hasil akhir dari kegiatan
ini yaitu pembiasaan literasi untuk peserta didik di SMP Negeri 1 Ngluyu serta meningkatkan peran dan
kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

PDF

References

Amri, Saeful & Rochmah, Eliya. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA

TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. EduHumaniora | Jurnal

Pendidikan Dasar Kampus Cibiru.

Gipayana. (2004). Ppengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks

Pembelajaran Menulis di SD. jurnal ilmu pendidikan, 11(1), 1-12.

Hartati, T. (2016). Multimedia Dalam Pengembangan Literasi di Sekolah Dasar Terpencil

Jawa Barat. edutech, 15 (3), 303.

Islam, A. N. (2015). Hubungan Literasi Sains dan Kepercayaan Diri Siswa Pada Konsep Asam

Basa. JPPI, 1(1), 16-25.

Pakpahan. (2017). Pengembangan Media Berbasis Teknologi Augmented Reality Bermuatan

Wawasan Kebangsaan Pada Tokoh Kepahlawanan. EduHumaniora | Jurnal

Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 331-348.

Suwono, R. & S. (2017). Peningkatan Literasi Saintifik Siswa Sma Melalui Pembelajaran

Biologi Berbasis Masalah Sosiosains. jurnal ilmu pendidikan, 21(2), 136-144.

Yuliyati. (2014). Model budaya baca-tulis berbasis balance literacy dan gerakan informasi

literasi di SD. jurnal ilmu pendidikan, 20(1), 117-126.

Yunansah, a. m. (2017). pembelajaran literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi

Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. jakarta : bumi aksara.

Downloads

Download data is not yet available.