Abstract
Literasi dan numerasi sains sangat berperan penting dalam menghadapi era globalisasi, sehingga sangat diperlukan kemampuan literasi numerasi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap soal literasi numerasi pada matapelajaran biologi kelas XI SMA Negeri 1 Prambon. Metode yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan soal yang telah dikembangkan peneliti dan angket. Subjek penelitian melibatkan 30 peserta didik kelas XI. Insturmen penelitian ini berupa soal dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini diperoleh respon peserta didik terhadap soal literasi numerasi yaitu 71% dengan kategori baik yang menunjukkan bahwa peserta didik memiliki respon baik terhadap soal literasi numerasi. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa soal literasi numerasi yang dikembangkan menunjukkan hasil dengan kategori valid, reliabel, efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik.
References
Ayu, N., & Syukur, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Literasi Numerasi pada Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa SD Negeri Tanrara. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3106–3121. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.720
Darwanto, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., Akbari, Q. S., & K. (2017). M. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud., 8(9), 1–58.
Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid. In Kemendikbudristek (Issue 021).
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561
Pusapningtyas, U.(2020). Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 113–121.
Rajab Vebrian, Yudi Yunika Putra, & Sari Saraswati. (2022). Respon Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika pada Konteks Bangka Belitung. Inomatika, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.302
Rohimajaya, N. A., Hartono, R., Yuliasri, I., & Fitriati, S. W. (2022). Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Perkembangan Bahasa Inggris untuk SMA di Era Digital: Sebuah Analisis Konten. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, ISSN 26866(http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes), 825–829.
Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. (2023, December 5). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018