Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMK Kelas XI Pada Materi Polinomial
PDF

Keywords

Langkah Teori Polya
Kemampuan Pemecahan Masalah
Polinomial

How to Cite

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMK Kelas XI Pada Materi Polinomial. (2024). Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 32-38. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/6099

Abstract

Salah satu tujuan utama dalam pembelajaran matematika adalah menguasai kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa. Kemampuan ini memungkinkan seseorang untuk menerapkan pengetahuan yang dimiliki dalam situasi-situasi yang baru dan berbeda. Kemampuan untuk memecahkan masalah merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh siswa dalam belajar matematika. Polinomial adalah salah satu materi yang terdapat dalam matematika dan diajarkan pada kelas XI SMK. Dalam materi ini membahas tentang fungsi polinomial dan operasi hitung dalam polinomial. Pada materi Polinomial sering disajikan menggunakan soal cerita yang menuntut peserta didik untuk memahami dan menganalisis informasi serta permintaan yang disajikan dalam soal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah pada soal-soal dikarenakan peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru, tidak menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan lama yang dipelajari sehingga muncul ketidakpahaman peserta didik pada materi polinomial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah dengan menggunakan langkah Teori Polya pada soal polinomial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat pelaksanaan penelitian ini di SMK Kota Kediri dengan subjek penelitian kelas XI. Pengambilan data dilaksanakan dengan memberikan lembar tes uraian, lembar observasi dan lembar wawancara. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dari ke-enam subjek yang peneliti gunakan terdapat satu peserta didik yang termasuk kategori tinggi, dua peserta didik termasuk kategori sedang dan tiga peserta didik termasuk kategori rendah.

PDF

References

Anas, S. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astutiani, R. I. (2019). "Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya". Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Partayasa, W. &. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan. 4(1) : 168 - 79.

Riduwan. (2012). "Skala Pengukuran Variabel - Variabel Penelitian". Bandung: Alfabeta

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Afifa Tus Sofia, Samijo, Bambang Agus Sulistyono