Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan matematis siswa UPTD SMPN 1 Pagu didasarkan pada hasil observasi pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan matematis siswa kelas VIII UPTD SMPN 1 Pagu pada materi relasi dan fungsi. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menganalisis rata-rata jawaban siswa melalui soal tes formatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII UPTD SMPN 1 Pagu sebanyak 15 siswa yang diambil secara acak. Sistematika analisis didasarkan pada 3 indikator pemahaman matematis, yakni kemampuan mengklasifikasikan objek menurut sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, kemampuan menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, dan kemampuan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis, kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII UPTD SMPN 1 Pagu berada pada kategori cukup. Pencapaian tertinggi yang diperoleh siswa terdapat pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah dan pencapaian terendah berada pada indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis.
References
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91.
Villegas, J. L., Castro, E., & Gutierrez, J. (2009). Representations in problem solving: a case study with optimization problems/Representaciones en resolucion de problemas: un estudio de caso con problemas de optimizacion. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 7(1), 279-339.
Fitrianingrum, F., & Basir, M. A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. Vygotsky, 2(1), 1. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.177
Hadi, B. (2022). Fenomena Learning Loss pada Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4), 290–296. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.262
Mawaddah, S, & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Nurzaman, W., Fitriani, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 693–702. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.693-702
Syajili, A., & Abadi, A. M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Peserta Didik pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1639–1650. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i10.304
Wulandari, Y., & Sutriyono. (2018). Deskripsi pemahaman konsep bangun datar oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Salatiga berkemampuan rendah. Maju, 5(2), 76–87.
Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180–194. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4399
Yustinaningrum, B., Daulay, L. A., & Putri, D. Y. (2019). Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horray dan STAD terhadap peningkatan pemahaman matematis siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 43–51. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.285
Zenith, F., Sabandar, J., & Amelia, R. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas Viii Smpn 3 Ngamprah Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1619–1628. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17565