Abstract
Pemecahan masalah dapat diartikan sebagai metode pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu persoalan. Langkah-langkah yang digunakan dalam menyelesaikan masalah matematis yaitu 1) memahami masalah, 2) menyusun rencana penyelesaian, 3) melaksanakan rencana penyelesaian, dan 4) memeriksa kembali hasil pengerjaan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa SMA Kelas XI dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dan bagimana pendapat siswa mengenai matematika. Dalam penelitian ini disimpulkan bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi program linear dan bagaimana pendapat siswa mengenai matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas XI pada salah satu SMA di Kota Kediri yang berkategorikan tinggi, sedang dan rendah, dengan pengambilan sampel ditentukan dengan metode stratified proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya masih tergolong rendah pada materi program linear. Namun berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan siswa memiliki pendapat positif terhadap matematika.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Chandra Rini, Samijo, Aprilia Dwi Handayani