Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa berkemandirian belajar tinggi dalam menyelesaikan masalah program linear dan untuk mengetahui aspek kemampuan berpikir kritis yang telah dicapai siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Negeri 1 Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah angket kemandirian belajar, tes kemampuan berpikir kritis, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengambilan data awal menggunakan angket kemandirian belajar siswa yang diberikan di kelas XI MIPA 1. Selanjutnya dipilih 1 siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi. Subjet tersebut kemudian diberikan tes kemampuan berpikir kritis dan diwawancarai. Hasil dari penelitian ini adalah siswa bermandirian belajar tinggi memenuhi 4 aspek kemampuan berpikir kritis dengan baik, dan 2 aspek berpikir kritis kurang baik. Siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi memenuhi aspek interpretasi, analisis, penjelasan dan regulasi diri dengan baik. Subjek kurang baik dalam aspek evaluasi pada saat menyelesaikan permasalahan yang diberikan dan aspek inferensi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Novika Dyah Ayu Dzalikha Asmarani, Dian Devita Yohanie, Aprilia Dwi Handayani