Abstract
Kemampuan dasar literasi numerasi sangat penting bagi siswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Namun demikian kemampuan literasi numerasi siswa di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Oleh karena itu diperlukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran melalui proses berpikir kritis dan pemecahan masalah baik secara individu atau diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan yang diperlukan dalam pengembangan LKPD untuk menguatkan kompetensi literasi numerasi materi sistem saraf jenjang SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi proses pembelajaran dengan guru dan analisis LKPD yang dilakukan di kelas XI SMA Negeri 1 Prambon. Hasil observasi pada proses pembelajaran menunjukkan, bahwa aktivitas belajar peserta didik masih terfokus pada guru dan belum secara penuh aktif pada aktivitas belajar peserta didik. LKPD yang digunakan belum memuat soal-soal literasi numerasi yang belum dapat menguatkan kompetensi literasi numerasi peserta didik, serta belum memuat judul, identitas, tujuan pembelajaran, pengantar materi, petunjuk pengerjaan, dan tahapan-tahapan belajar di LKPD. Soal-soal yang diberikan pada peserta didik belum memuat masalah kontekstual atau fakta berupa data-data yang disajikan. Oleh karena itu, berdasarkan analisis kebutuhan pada proses pembelajaran di kelas perlu dikembangkan LKPD untuk menguatkan kompetensi literasi numerasi peserta didik jenjang SMA.
References
Ain, S. Q., Mustika, D., & Wulandari, A. (2023). Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 152-158.
Anggriani, R., Hakim, A. R., & Hairunisa, H. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Literasi Numerasi Menggunakan Model PjBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Inpres Muku. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 101–110. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.438
Aryani, I., Nadia, R., Susanti, M., Musriandi, R., Irfan, A., Anzora, A., & Maulida, M. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Unaya, 3(2), 37-41.
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237-247.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103.
Fauziah, S. L. (2022). Pendampingan Belajar Pada Bidang Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Di Masa Transisi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2606-2615.
Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2).
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.
Sabidin, Z., Ismail, Z., Tasir, Z., & Said, M. N. H. M. (2017). A Case Study To Identify Level Of Numeracy Competency Among High Achievers. Advanced Science Letters, 23(9), 8313–8315. https://doi.org/10.1166/asl.2017.9883
Sari, P. K., & Sutihat, S. (2022). Pengembangan e-modul berbasis STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(3), 509-526.
Setiyaningsih, A., Yuwono, M. R., & Wijayanti, S. (2022). Analisis Kelengkapan LKPD sebagai Media Pembelajaran Matematika Peserta Didik. WIDYA DIDAKTIKA-Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 42-47.
Widiyani, A., & P ramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet Pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132-141.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Anggi Junita Sari, Ratna Valentina Dian Laksmi Candra Kirana, Wiwik Widayati, Sulistiono, Poppy Rahmatika Primandiri
