Desain Pembelajaran Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP Kristen Tunas Harapan Pare
PDF

Keywords

Antusias
Media Pembelajaran
Motivasi
Peserta Didik

How to Cite

Wahyuni, S. A. S. ., Cahyani, T. ., Budiretnani, D. A. ., & Primandiri, P. R. . (2024). Desain Pembelajaran Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP Kristen Tunas Harapan Pare. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 453–456. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4550

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui desain pembelajaran menggunakan media pembelajaran PPT dalam materi Sistem Ekskresi Manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah design research tipe validation study, dengan tahapan sebagai berikut : Preparing for the Experiment (pada tahap ini dilakukan analisis kesulitan peserta didik dalam proses pembelajaran materi sistem ekskresi pada manusia sebelum menentukan desain pembelajaran yang tepat), Experiment in the Classroom (pada tahap ini dilakukan uji coba desain pembelajaran yang sudah dibuat), Retrospective Analysis (pada tahap ini dilakukan analisis data yang sudah didapatkan dari tahap sebelumnya). Hasil dari penelitian ini adalah Desain Pembelajaran materi Sistem Ekskresi pada Manusia menggunakan media pembelajaran PPT cukup membantu meningkatkan motivasi dan antusias peserta didik dalam belajar. Adanya pelaksanaan praktikum yang dilakukan dengan bantuan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan pemberian soal diskusi didalamnya dapat menambah keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran di kelas.

PDF

References

Pada, K., Bare, Y., & Hadi, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Pendekatan Scientific Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Maumere. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 337–349. https://doi.org/10.5281/zenodo.5769603

Prahmana, R. C. I. (2017). Design Research. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Rahmani, R. A., & Abduh, M. (2022). Efektivitas Media PowerPoint Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2456–2465. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2378

Trisnawati, D., Putri, R. I. I., & Santoso, B. (2015). Desain Pembelajaran Materi Luas Permukaan Prisma Menggunakan Pendekatan PMRI bagi Siswa Kelas VIII. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 76. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4504

Van den Akker, J., Gravemeijer, K., Mckenny, M., & Nieveen, N. (2006). Design research from a learning design perspective Educational Design Research Edited by : Jan van den Akker University of Twente , the Netherlands Koeno Gravemeijer University of Utrecht , the Netherlands Susan McKenney University of Twente , the Netherl. Educational Design Research, January, 45–85.

Downloads

Download data is not yet available.