Karakteristik Morfologi Tanaman Kepel (Stelechocarpus burahol (Blume) Hook.F & Th.) di Kabupaten Kediri
PDF

Keywords

Kabupaten Kediri
kepel
morfologi
Stelechocarpus burahol
tanaman langka

How to Cite

Yuanisyak, A. ., Zunaidah, F. N. ., Nurmilawati, M. ., Primandiri, P. R. ., & Santoso, A. M. . (2022). Karakteristik Morfologi Tanaman Kepel (Stelechocarpus burahol (Blume) Hook.F & Th.) di Kabupaten Kediri . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 523 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3069

Abstract

Stelechocarpus burahol merupakan salah satu tanaman yang tersebar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Di Indonesia tanaman ini disebut sebagai tanaman kepel. Beberapa manfaat dari tanaman kepel adalah sebagai bahan obat obatan. Karena keberadaan populasi tanaman kepel terbatas atau jarang ditemui di kabupaten Kediri, maka tanaman ini digolongkan ke tanaman langka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan secara detail karakteristik pada tanaman kepel. Penelitian ini menggunakan metode purposive samping atau pengambilan sampling secara sengaja dan dilanjutkan analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menjabarkan secara lengkap karakteristik dari objek yang diamati. Selanjutnya, melakukan pencandraan dari sampel yang sudah didapatkan di Dusun Genuk Desa Adan Adan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Sampel bagian tanaman kepel yaitu, akar (1 karakter), batang (11 karakter), daun (15 karakter), buah (11 karakter) dan bunga (6 karakter). Hasil penelitian menunjukkan karakteristik morfologis yang khas dari tanaman kepel pada beberapa bagian tanaman yang menjadi sampel penelitian, yaitu pada bunga. Bunga kepel dengan kelamin jantan tanaman ini tumbuh pada bagian batang sedangkan bunga kelamin betina tumbuh pada cabang cabang tua. Batang kepel memiliki benjolan benjolan yang menjadi tempat tumbuhnya bunga dan buah tanaman ini.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3069
PDF

References

Angio, Melisnawati H, and Elok Rifqi Firdiana. 2021. “Kepel (Stelechocarpus Burahol (Blume) Hook & Thompson), Buah Langka Khas Keraton Yogyakrta: Sebuah Koleksi Kebun Raya Purwodadi.” Warta Kebun Raya 19(2): 7–13.

Fiani, A., and Yuliah. 2018. “Pertumbuhan Kepel (Stelechocarpus Burahol (Blume) Hook & Thomson) Dari Dua Populasi Di Mangunan, Bantul.” Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek III: 301–6. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/10505/p. 301-306 fullpaper Ari Fiani.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Hatmi, Retno Utami, and Setyorini Widyayanti. 2011. “Potensi Kepel (Stelechocarpus Burahol [Blume] Hook.F & Th.) Sebagai Sumber Pangan Fungsional.” Prosiding Seminar Nasional Sumber Daya Genetik Pertanian (22): 248–57.

Shiddiqi, Toumi, Y. Rindiastuti, dan N.A. Sri W. 2008. Potensi in vitro zat sitotoksik anti kanker daun tanaman kepel terhadap Carcinoma Colorectal. Skripsi S1, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Angga Yuanisyak, Farida Nurlaila Zunaidah, Mumum Nurmilawati, Poppy Rahmatika Primandiri, Agus Muji Santoso

Downloads

Download data is not yet available.