Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA berdasarkan gaya belajar. Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan tahapan pemecahan masalah Polya pada materi SPLTV. Subjek yang digunakan terdiri dari 3 orang siswa kelas X MAN 1 Kota Kediri yang mewakili setiap kategori gaya belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes tertulis, dan wawancara. Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematika gaya belajar visual dapat memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, serta dapat melakukan perhitungan dengan benar. Juga dapat memeriksa kembali dengan mengecek hasil yang diperoleh, 2) Kemampuan pemecahan masalah matematika gaya belajar auditori mampu memahami masalah dan membuat rencana pemecahan masalah dengan baik. Mampu melaksanakan rencana penyelesaian masalah namun terdapat beberapa kesalahan, serta kurang mampu memeriksa kembali pemecahan masalah, 3) Kemampuan pemecahan masalah matematika gaya belajar kinestetik dapat memahami masalah dan kurang mampu membuat rencana pemecahan masalah. Mampu melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan kurang mampu memeriksa kembali pemecahan yang telah didapatkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Suzana Aulia Lutfiani, Darsono, Dian Devita Yohanie