Pendidikan Kesehatan Tentang Oral Hygiene Pada Anak Usia Sekolah Di Desa Mlancu
PDF

Keywords

Kesehatan gigi dan mulut
Edukasi dan Penyuluhan
Anak-Anak

How to Cite

Fiani, F., Mudzakkir, M., Mukhalid, M., Ramadhani, N. E., Setiawan, I. E., & Nandasari, U. S. (2024). Pendidikan Kesehatan Tentang Oral Hygiene Pada Anak Usia Sekolah Di Desa Mlancu. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 1228–1234. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5711

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut adalah keadaan dimana mulut, gigi dan unsur – unsur yang berhubungan dalam rongga mulut dalam kondisi sehat yang memungkinkan seseorang untuk melakukan fungsi penting seperti makan, bernapas, berbicara dan berinteraksi sosial. Kesehatan gigi dan mulut juga mencakup dimensi psikososial seperti kepercayaan diri, kesejahteraan dan kemampuan bersosialisasi dan bekerja tanpa rasa sakit dan ketidaknyamanan. Tujuan pengabdian ini untuk memperoleh informasi atau edukasi mengenai kesehatan gigi dan juga kesehatan oral hygiene yang masih kurang. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan metode service learning terkait materi tentang kesehatan gigi dan mulut serta peragaan cara menyikat gigi yang benar. Kegiatan ini diikuti oleh anak usia sekolah Desa Mlancu . Berdasarkan hasil post-test dengan pertanyaan yang sama didapatkan hampir seluruh peserta menunjukkan peningkatan yang signifikan dari 27% menjadi 96% dalam pemahaman anak-anak terkait berbagai aspek kesehatan gigi, mulai dari penyebab karies, pencegahan, cara menggosok gigi, gerakan menyikat yang benar, hingga dampak tidak menggosok gigi. Pendidikan kesehatan yang baik tentang oral hygiene dapat memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan mulut, seperti menyikat gigi secara teratur, menggunakan benang gigi, dan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi.

PDF

References

Anggina, D. N., Tanzila, R., & Salim, N. K. (2020). Penyuluhan peningkatan kesehatan gigi dan mulut sebagai upaya pencegahan gigi berlubang pada anak Pra Sekolah di TK Chiqa Smart Palembang. Jurnal Kreativitas Pengabdian masyarakat (PKM), 3(2), 295-301.

Chrismilasari, L. A., Gabrilinda, Y., & Martini, M. (2020). Penyuluhan menggosok gigi pada anak sekolah dasar teluk dalam ii banjarmasin. Jurnal Suaka Insan Mengabdi (JSIM), 1(2), 91-97.

Edyati, L., & Khusnal, E. (2014). Pengaruh penyuluhan kesehatan dengan media video terhadap pengetahuan dan sikap personal hygiene siswa SD Negeri 1 Kepek Pengasih Kulon Progo (Doctoral dissertation, STIKES'Aisyiyah Yogyakarta).

Hidayah, A. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Perilaku Personal Hygiene Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 5(1), 90-95.

Husna, N., & Prasko, P. (2019). Efektivitas penyuluhan kesehatan gigi dengan menggunakan media busy book terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut. Jurnal Kesehatan Gigi, 6(1), 51-55.

Nugroho, L. S., Femala, D., & Maryani, Y. (2019). Perilaku Menyikat Gigi terhadap Oral Hygiene Anak Sekolah. Dental Therapist Journal, 1(1), 44-51.

Sari, S. A. N., Efendi, F., & Dian, P. (2012). Pengaruh pendidikan kesehatan metode simulasi menggosok gigi teknik modifikasi Bass dengan ketrampilan dan kebersihan gigi mulut pada anak Mi At-Taufiq Kelas V. Indonesian J Community Heal Nurs, 1(1).

Downloads

Download data is not yet available.