EFEKTIVITAS EDUKASI AUDIO VISUAL PERAWATAN KAKI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASIEN DIABETES MELLITUS DALAM MENCEGAH GANGGUAN INTEGRITAS KULIT (StudiLiteratur)
PDF

Keywords

Pengetahuan
Diabetes mellitus
Audio visual
Intergritas kulit

How to Cite

Oktaviani, R., Tri Wijayanti, E. ., & Mudzakkir, M. . (2022). EFEKTIVITAS EDUKASI AUDIO VISUAL PERAWATAN KAKI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASIEN DIABETES MELLITUS DALAM MENCEGAH GANGGUAN INTEGRITAS KULIT (StudiLiteratur). Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 1(1), 617 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1284

Abstract

Diabetes Mellitus merupakan penyakit gangguan metabolisme yang menyebabkan gangguan integritas kulit jika tidak ditangani dengan perawatan kaki secara benar. Perilaku perawatan kaki merupakan hal yang sangat penting dalam mencegah kaki diabetik. Pengembangan pengetahuan tentang perawatan kaki sangat penting bagi aspek dalam pelaksanaan perawatan kaki secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media edukasi audio visual dalam meningkatkan ketrampilan tentang perawatan kaki pada pasien gangguan integritas kulit. Metode penelitian menggunakan desain studi literature dengan mengembangkan pola PICOT, menetapkan kata kuncidan database pencarian, menetapkan kriteria inklusi dan eksklusi, seleksi literature dengan metode PRISMA. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terbukti media edukasi audio visual mampu meningkatkan pengetahuan pasien karena media audio visual ini sangat menarik dan kreatif untuk media edukasi pendidikan kesehatan. Penelitian selanjutnya supaya melakukan secara nyata kepada pasien gangguan integritas kulit dan mengidentifikasifaktor yang mempengaruhi penggunaan media audio visual dalam meningkatkan ketrampilan merawat.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1284
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Ropita Oktaviani, Endah Tri Wijayanti, Muhammad Mudzakkir

Downloads

Download data is not yet available.