Parenting Edukasi Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah di RA Syafaat Desa Pesantren Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang
PDF

Keywords

Parenting
Tumbuh
Kembang
Pra Sekolah

How to Cite

Barir, B. ., Fatmawati, Z. ., Kristianingrum, D. Y. ., & Aini, I. . (2024). Parenting Edukasi Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah di RA Syafaat Desa Pesantren Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 37–42. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v3i1.4482

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan yang optimal dapat dicapai apabila anak sehat,masa lima tahun pertama merupakan masa yang sangat peka terhadap lingkungan dan berlangsung sangat pendek dan tidak dapat diulang lagi, maka masa balita disebut sebagai masa keemasan atau golden period dan jendela kesempatan atau window of opportunity. Tujuan kegiatan pengabdian memberikan peningkatan dan pemahaman terhadap pentingnya pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak. Metode dalam kegiatan ini adalah melalui ceramah, small grup disscusion, melakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan pemantauan pertumbuhan anak pra sekolah di RA Syafaat Desa Pesantren Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang Tinggi badan sesuai dan umur begitu juga Berat Badan sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak sesuai dengan hasil pemantauan melalui KPSP. Tingkat pengetahuan ibu balita juga mengalami peningkatan menjadi 93% berpengetahuan baik dan 0.7 % berpengetahuan cukup. Parenting Edukasi kepada orang tua anak terutama pada ibu sebagai pengasuh utama pada anak dapat meningkatkan pengetahuan guna mendeteksi secara dini adanya gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak secara dini guna meghasilkan generasi emas yang unggul.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v3i1.4482
PDF

References

Pem, D. 2015. Factors Affecting Early Childhood Growth and Development: Golden 1000 Days. No Year. Adv Practice Nurs (1):1. DOI: 10.4172/2573-0347.1000101

Shonkoff, Jack P., Garner, AS. 2012. The Lifelong Effects of Early Childhood Adversity and Toxic Stress, Pediatrics, Vol. 129 (1), pp. 232–246. Accessed from: http://pediatrics.aappublications.org/c ontent/pediatrics/129/1/e232.full.pdf

Magdalena M, Irma , Melly, Elvina A. 2022.Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tumbuh Kembang Anak Pra Sekolah. Journal of Nursing and Homecare. 1(2) :77-87

Indrayani D, Legiati T, Hidayanti D. Kelas Ibu Balita Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Ibu dalam Stimulasi Tumbuh Kembang. J Kesehat Prima. 2019;13(2):115-121.

Rizki S , Susana W , Muhammad K, Burhanuddin I. 2016. Tingkat Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 3-5 Tahun Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(2):114 - 125

Jenny A. N , Immawati , Sri Nurhayati. 2023. Penerapan Pendidikan Kesehatan Pada Ibu Tentang Pengetahuan Tumbuh Kembang Anak Usia PraSekolah (3-6 Tahun) Di Wilayah Puskesmas Metro Pusat. Jurnal Cendikia Muda. 3(3): 364-370

Ni Putu K. E , Ni Putu D A. A, Fachrudi H. 2022.Efektifitas Modul Parenting Education Terhadap Tumbuh Kembang Balita Bawah garis Merah (BGM) KEMBANG BALITA BAWAH GARIS MERAH (BGM) ..JURNAL Midwifery Update (MU).4(1): 16-23

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Baroroh Barir, Zeny Fatmawati, Dhita Yuniar Kristianingrum, Inayatul Aini

Downloads

Download data is not yet available.