Penerapan Metode Setengah Interval Pada Permasalahan Mekanisme Pergeseran Piston
PDF

Keywords

metode setengah interval
mekanisme pergeseran piston

How to Cite

Sulistyono, B. A. ., Samijo, S., & Yohanie, D. D. . (2024). Penerapan Metode Setengah Interval Pada Permasalahan Mekanisme Pergeseran Piston. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 257–262. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perhitungan secara numerik terhadap perilaku gerak naik turun piston di dalam silinder mesin dengan fokus pada penentuan besarnya sudut yang terbentuk ketika piston berada pada posisi tertentu. Model matematika yang dapat menggambarkan mekanisme pergeseran piston berbentuk persamaan trigonometri. Dikarenakan persamaan tersebut non-linier dan belum ditemukan solusi analitiknya, maka metode numerik berupa metode setengah interval (bisection method) diaplikasikan untuk mendapatkan solusi numeriknya. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada saat posisi piston bergeser sejauh x=0,59 m maka sudut yang terbentuk sebesar θ=0,414175 dan pada saat posisi piston bergeser sejauh x=0,45 m maka terbentuk sudut sebesar θ=2,003379. Hasil ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap dinamika gerak piston dalam konteks mesin yang relevan.

PDF

References

Insani, N. 2006. Penerapan Metode Bagi-Dua (Bisection) pada Analisis Pulang Pokok (Break Even). FMIPA UNY Yogyakarta.

Kurniawan, H. (2019). Analisa Tegangan Pada Piston Motor Bakar Satu Silinder Dengan Daya Maksimum 1 Hp Menggunakan Perangkat Lunak. (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,2019).

Kurniawan, R. 2020. Pengaruh Variasi Piston Terhadap Peforma Mesin Sepeda Montor Yamaha Jupiter 100 cc. Skripsi. Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Munir, R. 2008. Metode Numerik Revisi Kedua. Bandung: Informatika Bandung.

Siswanto, B. T. 2008. Teknik Alat Berat Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Sulila, I Nyoman. 1992. Dasar-Dasar Metode Numerik. Bandung.

Yuliza, E. 2013. Penggunaan Metode Bagi Dua Terboboi untuk Mencari Akar-akar Persamaan. Volume 16 (1A):16101-2-16101-3.

Downloads

Download data is not yet available.