Abstract
Pada masa pasca pandemi Covid-19 inovasi pada pembelajaran matematika sangat diperlukan. Seiring dengan berkembangnya teknologi dalam pembelajaran, belajar dapat dilakukan melalui perantara yang dapat menghubungkan siswa dengan sumber belajarnya. Antara siswa dengan sumber belajar diperlukkan manajemen atau pengelolaan yang tepat dan layak. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan Learning Management System (LMS) sebagai inovasi pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Learning Management System (LMS) sebagai inovasi pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur. Teknik pengumpulan data dengan cara mengkompilasi beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab kelayakan media Learning Management System (LMS) yang telah dikembangkan dalam pembelajaran. Penelitian terdahulu yang sudah terkumpul kemudian digabungkan, dianalisis, dan disimpulkan. Pengujian Learning Management System (LMS) dilakukan dengan jalan validasi dengan ketentuan presentase rata-rata penilaian dengan kualitatif baik hingga sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pengembangan Learning Management System (LMS) pada pembelajaran matematika dikatakan layak untuk digunakan.
References
Abdulhak M.Pd., P. D. I., & Darmawan M.Si, D. D. (2013). Teknologi Pendidikan (A. Kamsyach (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.
Agustian, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 8–12.
Aklimawati, A., Isfayani, E., Listiana, Y., & Wulandari, W. (2022). Pengembangan Learning Management System (LMS) Edmodo berbasis android sebagai media pembelajaran untuk SMA Negeri 7 Lhokseumawe. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 1–12. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN
Hasibuan, N. (2015). Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan Islam. Logaritma, 100–115.
Khoir, H. M., Murtinugraha, E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal PenSil. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453
Maulidditya, D., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pembelajaran Matematika Pada LMS Chamilo Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 344–356.
Muhammad, T. (2017). Perancangan Learning Management System Menggunakan Konsep Computer Supported Collaborative Larning. Jurnal Produktif.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Putra, E. A., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Smartphone Learning Management System (S-LMS) Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMA. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 36–45. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.21014
Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.
Rosmiati, U., Supratman, S., & Madawistama, S. T. (2021). ELMA (E-Learning for Matheatics): Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis LMS (Learning Management System) sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 163. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10051
Yasar, O., & Adiguzel, T. (2010). A working successor of learning management system: SLOODLE. Procedia Social and Behavioral Sciences.
Yuliana, Y. (2020). Analisis Keefektivitasan Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Corona (Covid-19). SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i10.17371
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Cintya Mentari Putri, Samijo Samijo, Bambang Agus Sulistyono