Abstract
Biologi memberikan pengalaman menjadi pembelajar yang mandiri dengan menuntut siswa mengembangkan keterampilan berpikirnya. Keterampilan ini termasuk target pendidikan abad 21 dengan menekankan kemampuan metakognitif siswa. Metakoginitif merupakan indikator penting yang membantu siswa menyadari tentang informasi yang belum dipahami dan memilih strategi pembelajaran yang efektif serta bagaimana proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran Biologi. Subjek penelitian ini adalah 54 siswa kelas XI MIPA di SMAN 7 Kediri yang terdiri dari 26 siswa kelas XI MIPA 1 dan 28 siswa kelas XI MIPA 2. Metode penelitian ini menggunakan metode survey partisipatif dengan pengisian angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 di SMAN 7 Kediri untuk komponen Regulation of Cognition pada Information Management Strategies terbilang cukup rendah dengan skor 1,7 sedangkan yang tertinggi dengan skor 10,8 terdapat pada Debugging Strategies. Kemudian untuk komponen Knowledge about Cognition pada Declarative Knowledge dengan skor terendah yaitu 5,3 dan pada Procedural Knowledge memperoleh skor yang tertinggi yaitu 12,75. Berdasarkan hasil penelitian, siswa harus lebih meningkatkan kemampuan metakognitif terutama pada pengetahuan deklaratif dan strategi mengelola informasi untuk mengembangkan keterampilan berpikirnya.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Bella Putri Damayanti, Adelia Nur ‘Aini, Krisenciana Firija Nuri Wulandari, Poppy Rahmatika Primandiri