Abstract
Terdapat berbagai macam kemampuan abad 21, seperti Metakognitif (thinking skills) yang berfokus pada kemampuan seseorang dalam mempelajari dan menentukan pengetahuan yang relevan, mengatur strategi belajar serta pengetahuan diri. Pengaruh kemampuan metakognitif terhadap kemampuan belajar siswa menjadi latar belakang dari penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan berupa metode survei partisipatif menggunakan angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dengan delapan indikator antara lain Declarative Knowledge, Procedural Knowledge, Conditional Knowledge, Planning, Information Management, Comprehension Monitoring, Debugging Strategies, dan Evaluation. Penelitian dimulai bulan April–Mei 2021 yang dilaksanakan secara daring melalui Google Form. Sampel penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Kediri sebanyak 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa dari kelas X Mipa A dan 24 siswa dari kelas X Mipa B . Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X Mipa A dan X Mipa B memiliki kemampuan Procedural Knowledge tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 5.19 untuk kelas X Mipa A dan 4.94 untuk kelas X Mipa B. Namun kemampuan Information Management siswa kelas X Mipa A dan X Mipa B masih rendah dengan nilai rata-rata sebesar 1.57 untuk kelas X Mipa A dan 1.63 untuk kelas X Mipa B.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Qonita Nur Rohmania, Inayah Nur Afifah, Fatnatin, Poppy Rahmatika Primandiri