Gaya Belajar Siswa dan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XII MIPA 6 di SMAN 7 Kota Kediri
PDF

Keywords

Gaya Belajar
Motivasi Belajar
Pembelajaran Biologi

How to Cite

Ningsih, D. U. ., Agustina, H. ., & Sulistiyowati, T. I. . (2022). Gaya Belajar Siswa dan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XII MIPA 6 di SMAN 7 Kota Kediri . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 112–115. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3003

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gaya belajar dan motivasi belajar biologi siswa kelas XII MIPA 6 SMAN 7 Kota Kediri. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA 6 SMAN 7 Kota Kediri dengan jumlah 34 siswa. Data di analisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap siswa memiliki kecenderungan gaya belajar masing-masing yaitu gaya belajar visual, auditori, kinestetik, visual-kinestetik, visual-auditori, dan auditori-kinestetik. Motivasi belajar biologi masuk kedalam kategori baik dengan sebanyak 76.9% siswa senang dan tertarik belajar biologi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa gaya belajar dan motivasi belajar merupakan dua hal yang sangat berkaitan satu sama lain untuk meningkatkan pembelajaran biologi di SMAN 7 Kota Kediri.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3003
PDF

References

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. 2014. Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi.

DePorter, Bobbi. 2008. Quantum Learning. Bandung: Penerbit Kaifa.

Ghufron, M. & Risnawita, S. 2013. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Jalil, Riska Mindarsari. 2014. Hubungan Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Siswa dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Makassar: UNM.

Juniarti, N., Bahari, Y., & Riva'ie, W. 2015. Faktor penyebab menurunnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2).

Hildayani, R. 2007. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Santoso, A. M. Amin, M., Sumitro, S. B., Lukiati, B. (2017). Learning motivation of students during the implementation of lecturing based in silico approach. International Journal of Research & Review, 4(9), 6-9.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Taiyeb, A. M., & Mukhlisa, N. 2015. Hubungan gaya belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. bionature, 16(1).

Ula, S.S. 2013. Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan Melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Dyah Utami Ningsih, Hana Agustina, Tutut Indah Sulistiyowati

Downloads

Download data is not yet available.