Abstract
Keterampilan belajar yang dibutuhkan siswa adalah keterampilan kolaborasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis keterampilan kolaborasi siswa kelas X-9 SMA Negeri 4 Kediri. Penelitian ini berjenis statistik deskriptif dan dilakukan pada Oktober - November 2022. Instrumen yang digunakan adalah angket kuesioner. Instrumen tersebut dipakai untuk mengukur tingkat keterampilan kolaborasi siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu tingkat keterampilan kolaborasi antar siswa dibedakan menjadi 5 indikator, yaitu saling ketergantungan yang positif diperoleh hasil 74.58%, interaksi tatap muka diperoleh hasil 79.31%, akuntabilitas & tanggung jawab personal individu diperoleh hasil 60.71%, keterampilan komunikasi diperoleh hasil 65.83% dan keterampilan bekerja kelompok diperoleh hasil 77.50%.
References
Apriono, D. 2013. Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Prospektus UNIROW. XVII (1): 292-304.
Ruandini, W., Akhdinirwanto R. W., dan Nurhidayati. 2011. Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=9382&val=614, diakses pada 30 Oktober 2017, 11.32 WIB.
Anggelita, D. M., Mustaji, M., & Mariono, A. (2020). Pengaruh Keterampilan Kolaborasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik SMK. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 23. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3323
Astutik, S., Susantini, E., Madlazim, Nur, M., & Supeno. (2020). The Effectiveness Of Collaborative
Creativity Learning Models (Ccl) On Secondary Schools Scientific Creativity Skills. International Journal Of Instruction, 13(3), 525–538.
Daud, A. (2016). Impelementasi Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unesa, 5(01), 250367.
Fitriyani, R. V., Supeno, S., & Maryani, M. (2019). Pengaruh Lks Kolaboratif Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Sma. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 71. Https://Doi.Org/10.20527/Bipf.V7i2.6026
Greenstein, L. M. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide To Evaluating Mastery And Authentic.
Santoso, A. M., Primandiri, P. R., Zubaidah, S., & Amin, M. (2021). Improving student collaboration and critical thinking skills through ASICC model learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012174). IOP Publishing.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Mirfa’ul Hasanah, Dwi Ari Budiretnani, Ida Rahmawati