Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran perpustakaan dalam kegiatan literasi membaca siswa dan untuk menemukan faktor –faktor penghambat dalam kegiatan literasi membaca siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang sifatnya memberikan gambaran atau penjelasan tentang suatu gejala atau peristiwa sebagaimana adanya atau sesuai dengan apa yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian yang diperoleh untuk kegiatan peran perpustakaan sekolah dalam kegiatan literasi siswa di kelas V di SDN Mojoroto 4 Kota Kediri diperlukan langkah-langkah yang nyata, dalam hal ini khususnya sikap pimpinan dan guru-guru yang lebih peduli dengan nyata, dalam hal ini khususnya sikap dalam kegiatan literasi siswa kelas V di SDN Mojoroto 4 belum terlaksana secara optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak perpustakaan dalam kegiatan literasi siswa dan juga peran perpustakaan dalam kegiatan literasi siswa kelas V masih rendah, adapun yang menjadi faktor penyebab literasi membaca rendah yaitu terbatasnya koleksi yang disediakan oleh pihak perpustakaan, pihak perpustakaan menyediakan buku pelajaran, dan beberapa hanya buku cerita, maupun buku bahan bacaan lain yang di perpustakaan. namun Siswa tersebut tidak dibiasakan membaca sejak dini, karena adanya kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam kegiatan literasi membaca siswa diantaranya fasilitas kurang memadai dan siswa tersebut malas membaca.
References
Basuki, Sulistiyo. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Elendina, Magdalena. Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling
Hartono. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Mahardika
Khatimah, Husnul. 2020. Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Orphanet Journal Of Rare Diseases 21(1):1-9
Lubis. Manajemen Perpustakaan, cet. 1. Yogyakarta: CV Budi Utama
Pratiwi, Siti Habsari. 2021. Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku. Fitrah 3(1):27-48
Rahayu, L. 2018.Upaya Peningkatan Program Literasi Di Perpustakaan SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo
Ramadhani, A,W, and S.A Minisih. 2019. Literasi memmbaca siswa SD Negeri Mangkubumen Kidul 16
Sinaga, Dian. 2007. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kreasi Media Utama.
Syamsi, Katsam dan Kusniyatun Ari. 2006. Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Pendekatan Proses. Jakarta: Litere