Peran Perpustakaan Sekolah dalam Kegiatan Literasi Membaca Siswa di SDN Mojoroto 4
PDF

Keywords

perpustakaan sekolah
literasi
membaca

How to Cite

Rismauli, L. A. . (2024). Peran Perpustakaan Sekolah dalam Kegiatan Literasi Membaca Siswa di SDN Mojoroto 4. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 654–662. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4590

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran perpustakaan dalam kegiatan literasi  membaca siswa dan untuk menemukan faktor –faktor penghambat dalam kegiatan literasi membaca siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang sifatnya memberikan gambaran atau penjelasan tentang suatu gejala atau peristiwa sebagaimana adanya atau sesuai dengan apa yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian yang diperoleh untuk kegiatan peran perpustakaan sekolah dalam kegiatan literasi siswa di kelas V di SDN Mojoroto 4 Kota Kediri diperlukan langkah-langkah yang nyata, dalam hal ini khususnya sikap pimpinan dan guru-guru yang lebih peduli dengan nyata, dalam hal ini khususnya sikap dalam kegiatan  literasi siswa kelas V  di SDN Mojoroto 4  belum terlaksana secara optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan yang dilaksanakan  oleh pihak perpustakaan dalam kegiatan  literasi siswa dan juga peran perpustakaan dalam kegiatan literasi siswa kelas V  masih rendah, adapun yang menjadi faktor penyebab literasi membaca rendah yaitu terbatasnya koleksi yang disediakan oleh pihak perpustakaan, pihak perpustakaan  menyediakan buku pelajaran, dan beberapa hanya buku cerita, maupun buku bahan bacaan lain yang di perpustakaan.  namun Siswa tersebut tidak dibiasakan membaca sejak dini, karena adanya  kendala-kendala yang dihadapi  siswa dalam kegiatan literasi membaca siswa diantaranya fasilitas kurang memadai dan  siswa tersebut malas membaca.

PDF

References

Basuki, Sulistiyo. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Elendina, Magdalena. Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling

Hartono. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Mahardika

Khatimah, Husnul. 2020. Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Orphanet Journal Of Rare Diseases 21(1):1-9

Lubis. Manajemen Perpustakaan, cet. 1. Yogyakarta: CV Budi Utama

Pratiwi, Siti Habsari. 2021. Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku. Fitrah 3(1):27-48

Rahayu, L. 2018.Upaya Peningkatan Program Literasi Di Perpustakaan SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo

Ramadhani, A,W, and S.A Minisih. 2019. Literasi memmbaca siswa SD Negeri Mangkubumen Kidul 16

Sinaga, Dian. 2007. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kreasi Media Utama.

Syamsi, Katsam dan Kusniyatun Ari. 2006. Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Pendekatan Proses. Jakarta: Litere

Downloads

Download data is not yet available.