Profil Gerakan Literasi di SMAN 7 Kota Kediri
PDF

Keywords

Literasi
Gerakan literasi
Peran literasi

How to Cite

Agustina, H. ., Ningsih, D. U. ., Wulandari, K. N. ., Utami, B. ., & Primandiri, P. . (2022). Profil Gerakan Literasi di SMAN 7 Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 273 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3029

Abstract

Artikel ini membahas tentang gerakan literasi SMAN 7 Kota Kediri, meliputi kondisi literasi, faktor penghambat, serta peran literasi di SMAN 7 Kota Kediri. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN 7 Kota Kediri kelas XII MIPA 5 dengan jumlah 29 siswa dan WAKA Kesiswaan. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan kuisioner, kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif eksploratif. Hasil analisis penelitian ini menunjukan kondisi literasi di SMAN 7 Kota kediri, terutama dikelas XII MIPA 5 masih terhitung rendah. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor penghambat rendahnya literasi siswa, salah satunya adalah karena faktor teknologi seperti HP dan laptop, serta kurangnya fasilitas yang disediakan sekolah untuk mendukung gerakan literasi. Peran literasi sendiri bagi siswa adalah meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3029
PDF

References

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), Art. 1. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/32685

Devianty, R. (2019). Manfaat literasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Ijtimaiyah Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 3(1).

Kemendikbud. (2019, Desember 4). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Nirmala, S. D. (2022). PROBLEMATIKA RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI SISWA DI SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), Art. 2. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8851

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN, PSIKOLOGI DAN KESEHATAN (J-P3K), 1(1), Art. 1. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

PRIBADI, U. S. (2016). KEBIJAKAN PENATAAN STRUKTUR ORGANISASI BERBASIS PELAYANAN PUBLIK (STUDI PADA DINAS PERIZINAN PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA, DINAS PERIZINAN PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL, DAN KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN). Yogyakarta: repository UMY.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). ANALISIS PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Hana Agustina, Dyah Utami Ningsih, K.F Nuri Wulandari, Budhi Utami, Poppy Primandiri

Downloads

Download data is not yet available.