Abstract
Gaya belajar merupakan cara termudah yang dimiliki oleh individu dalam menyerap, mengatur dan mengolah informasi yang diterima dalam pembelajaran. Masih banyak ditemukan hasil belajar yang belum sesuai dengan yang diharapkan. Mengetahui gaya setiap siswa yang berbeda-beda, seorang guru harus dapat memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan siswa. Sehingga, siswa dapat menerima pembelajaran yang diberikan guru dengan maksimal dan mudah dipahami. Terdapat tiga modalitas dalam gaya belajar yaitu visual, auditorial, dan kinestik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar siswa dalam proses pembelajaran biologi sehingga dapat memaksimalkan proses belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian berupa survei partisipatif. Instrumen penelitian berupa angket Learning style questionnaire yang diadaptasi dari (Maryani et al., 2017) untuk memperoleh data gaya belajar siswa kelas XI-MIPA A di SMAN 1 Kediri dengan jumlah 28 siswa yang diberikan melalui google form. Dari penelitian ini, diperoleh hasil poin tertinggi dengan nilai 79% dengan kriteria baik yaitu gaya belajar kinestetik. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa mayoritas gaya belajar yang digunakan oleh siswa kelas XI-MIPA A yaitu gaya belajar Kinestetik.
References
Afifah, I.N., Rohmania, Q.N., Fatnatin, Primandiri, P.R. 2021. Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Sman 1 Kediri Dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran, 380–387.
Halim, A. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 9 (2): 141–158.
Mar’ah. 2016. Gaya Belajar dan Faktor Pengaruhnya Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. UIN Walisongo, Semarang.
Maryani, I., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., Kartika, D., Wangid, M. N., & Mustadi, A. (2017). Validity And Reliability Of Learning Style Scale Of The Elementary School Students. Proceedings The 2017 International Conference on Research in Education - Sanata Dharma University, 364–382.
Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak (Visual , Auditorial , Kinestetik ) Mahasiswa Pendidikan. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1), 1–12.
Solihah, S., Mulyani, L. S., & Ardiana, C. (2020). Analisis Gaya Belajar Siswa Berdasarkan Visual, Auditori, Kinestetik Pada. Jurnal Kehumasan, 3(1), 1–12.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Adelia Widiyanti, Fatnatin Fatnatin, Budhi Utami, Agus Muji Santoso, Poppy Rahmatika Primandiri