Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas XI-MIPA A SMA Negeri 1 Kediri pada Pembelajaran Biologi
PDF

Keywords

Gaya Belajar
XI-MIPA A
Kinestetik

How to Cite

Widiyanti, A. ., Fatnatin, F., Utami, B. ., Santoso, A. M. ., & Primandiri, P. R. . (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas XI-MIPA A SMA Negeri 1 Kediri pada Pembelajaran Biologi . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 85–88. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2998

Abstract

Gaya belajar merupakan cara termudah yang dimiliki oleh individu dalam menyerap, mengatur dan mengolah informasi yang diterima dalam pembelajaran. Masih banyak ditemukan hasil belajar yang belum sesuai dengan yang diharapkan. Mengetahui gaya setiap siswa yang berbeda-beda, seorang guru harus dapat memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan siswa. Sehingga, siswa dapat menerima pembelajaran yang diberikan guru dengan maksimal dan mudah dipahami. Terdapat tiga modalitas dalam gaya belajar yaitu visual, auditorial, dan kinestik. Tujuan dari penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  gaya  belajar  siswa  dalam  proses  pembelajaran biologi sehingga  dapat  memaksimalkan  proses  belajar.  Metode yang  digunakan  dalam penelitian berupa survei partisipatif. Instrumen penelitian berupa angket Learning style questionnaire yang diadaptasi dari (Maryani et al., 2017) untuk  memperoleh  data  gaya  belajar  siswa  kelas  XI-MIPA A  di  SMAN  1  Kediri dengan  jumlah  28  siswa  yang  diberikan melalui google form.  Dari penelitian ini, diperoleh hasil poin tertinggi dengan nilai 79%  dengan kriteria baik yaitu gaya belajar kinestetik. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa mayoritas gaya belajar  yang digunakan  oleh  siswa  kelas  XI-MIPA  A  yaitu gaya belajar Kinestetik.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.2998
PDF

References

Afifah, I.N., Rohmania, Q.N., Fatnatin, Primandiri, P.R. 2021. Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Sman 1 Kediri Dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran, 380–387.

Halim, A. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 9 (2): 141–158.

Mar’ah. 2016. Gaya Belajar dan Faktor Pengaruhnya Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII MTs Sultan Fatah Gaji Guntur Demak Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. UIN Walisongo, Semarang.

Maryani, I., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., Kartika, D., Wangid, M. N., & Mustadi, A. (2017). Validity And Reliability Of Learning Style Scale Of The Elementary School Students. Proceedings The 2017 International Conference on Research in Education - Sanata Dharma University, 364–382.

Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak (Visual , Auditorial , Kinestetik ) Mahasiswa Pendidikan. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1), 1–12.

Solihah, S., Mulyani, L. S., & Ardiana, C. (2020). Analisis Gaya Belajar Siswa Berdasarkan Visual, Auditori, Kinestetik Pada. Jurnal Kehumasan, 3(1), 1–12.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Adelia Widiyanti, Fatnatin Fatnatin, Budhi Utami, Agus Muji Santoso, Poppy Rahmatika Primandiri

Downloads

Download data is not yet available.