Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan motivasi belajar pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan melalui inovasi pembelajaran bermain sepak bola Siswa Kelas XII MIPA 1 MAN 1 Tulungagung. Peneltian ini menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data diperoleh dengan tujuan mengetahui peningkatan motivasi belajar dicapai siswa juga untuk memperoleh respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Pengambilan data dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan II. Pada akhir siklus ke II siswa diberikan angket motivasi pembelajaran. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pertemuan terbimbing memiliki dampak positif dalam peningkatkan motivasi belajar Penjasorkes melalui pendekatan inovasi pembelajaran bermain sepak bola pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, dan II) untuk ranah psikomotor yaitu 70.00 % menjadi 87,50%, dan pada ranah afektif dari 85,00% menjadi 92,50%. pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dengan menerapkan model pendekatan inovasi pembelajaran bermain dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis angket siswa dapat diketahui bahwa tanggapan siswa termasuk positif. Ditunjukkan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan model pendekatan inovasi pembelajaran bermain dengan metode demontrasi. Hal ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran pendekatan inovasi bermain, sehingga siswa menjadi termotivasi untuk belajar lebih giat. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pendekatan inovasi pembelajaran bermain pada materi bermain sepak bola dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
Afriani, Y., and Puspaningtyas, D. S. (2019). Hemoglobin Levels and nutrients Intake on Young Soccer Atheletes in Yogyakarta. Jounal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 8(3): 107-112.
Arikunto, Suharsimin , 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; PT. Rineksa Cipta
Darminto AO. 2018. Analisis Minat Belajar Penjas Terhadap Kemampuan Bermain Sepakbola pada Siswa Putera SMA Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Hidayat, W. (2017). Buku Pintar Sepak Bola. Jakarta: Anugrah
Mahendra, A. (2015). Filsafat Pendidikan Jasmani. Bandung: CV. Bintang WarliArtika.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.