Abstract
Implementasi kurikulum 2013 menerapkan program lintas mata pelajaran salah satunya yaitu mata pelajaran Biologi bagi siswa IPS. Program tersebut memberikan kesempatan dan peluang, kepada siswa untuk memilih dan mempelajari mata pelajaran yang tidak ada pada program peminatan. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI IPS 7 pada mata pelajaran lintas minat Biologi di SMA Negeri 6 Kediri. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengambarkan dan mengungkapkan suatu masalah, keadaan, peristiwa sesuai kondisi sebenarnya. Instrumen penelitian berupa angket motivasi belajar mata pelajaran Biologi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif terhadap kriteria jawaban dan kriteria penilaian angket motivasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari angket motivasi belajar pada faktor intrinsik 60.25% (cukup) dan faktor ekstrinsik 62.32% (kuat). Dalam indikator hasrat keinginan berhasil 60.87% (cukup), dorongan dari kebutuhan belajar 62.27% (kuat), harapan dan cita - cita masa depan 57.61% (cukup), adanya penghargaan dalam belajar 56.52% (cukup), kegiatan yang menarik dalam belajar 64.67% (kuat) dan lingkungan keluarga yang kondusif 65.76% (kuat).
References
Arnentis, dkk. (2022). Analisis Motivasi Siswa Pada Program Ilmu Sosial Dalam Memilih Lintas Minat Biologi di SMAN Kubu dan SMAN Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir. Bioilmi: Jurnal Pendidikan. 8 (1): 31-39. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i1.12918
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayu. G.F.L, dkk. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 16 Palembang. Jurnal profit, 6 (1). http://dx.doi.org/10.36706/jp.v6i1.7876
Santoso, A. M., Amin, M., Sumitro, S. B., & Lukiati, B. (2017). Learning motivation of students during the implementation of lecturing based in silico approach. International Journal of Research & Review, 4(9), 6-9.
Sobur, Alex. 2009. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Nurul Puspita Dewi, Budhi Utami