Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah elektronik biologi berbasis multimedia untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain ADDIE. Langkah-langkah pengembangan majalah elektronik biologi berbasis multimedia adalah analisis kebutuhan, desain majalah, uji validasi, uji praktikalitas, uji kelompok kecil, implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru biologi di pekanbaru, guru menyatakan mendukung pengembangan majalah elektronik biologi berbasis multimedia untuk dijadikan sebagai sumber belajar. Majalah elektronik biologi disimpan dengan format html, sehingga dapat digunakan melalui smartphone, komputer, dan laptop. Majalah elektronik biologi yang sudah dikembangkan divalidasi oleh ahli media dengan persentase 82,06% dengan kategori valid. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 93,19% dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas dilaksanakan kepada 2 guru biologi dengan rerata persentase 91,83% dengan kategori sangat praktis. Ujicoba kelompok kecil dilaksanakan kepada siswa kelas XI MIA MAN 4 Kota Pekanbaru dan memperoleh penilaian 90,67% dengan kategori sangat baik. Hasil motivasi belajar siswa kelas X MIA MAN 4 Kota Pekanbaru yang menggunakan majalah elektronik biologi adalah 86,99%. Selanjutnya hasil uji penguasaan konsep diperoleh nilai dengan rerata sebesar 81,60. Secara keseluruhan majalah elektronik biologi berbasis multimedia yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar pada materi plantae.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Rendi Handika, Wan Syafii, Imam Mahdi