Abstract
Biologi tidak hanya memberikan pemahaman namun juga sikap dan keterampilan untuk hidup dengan menggunakan potensi sumber daya hayati di sekitar secara bijak. Rendahnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran biologi menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh pendidik. Hal ini juga berdampak negatif terhadap pemahaman konsep dan pencapaian hasil belajar. Hasil observasi kelas mengungkapkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar antara siswa perempuan dan laki-laki. Siswa laki-laki cenderung jarang mencatat hal-hal penting, jarang melaksanakan diskusi, justru sering menggunakan gawai untuk keperluan selain belajar saat pembelajaran. Namun, data empiris tingkat motivasi belajar siswa belajar biologi belum tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat motivasi siswa belajar biologi serta merumuskan strategi untuk meningkatkannya. Penelitian ini berjenis studi kasus yang dilakukan di salah satu sekolah menengah atas di Kabupaten Kediri. Angket motivasi belajar dari Glynn digunakan untuk mendapatkan data motivasi belajar (n = 37 siswa). Respon jawaban siswa ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa adalah 2,9. Terdapat lima dimensi yang menjadi indikator, yaitu motivasi intrinsik, motivasi karir, determinasi diri, efikasi diri, dan motivasi nilai. Dimensi motivasi belajar yang rendah adalah motivasi karir dan determinasi diri secara berurutan yaitu 2,6 dan 2,7. Direkomendasikan dilakukan pengembangan desain pembelajaran berbasis model pembelajaran inovatif dan disertai dengan media interaktif dengan bantuan gawai siswa, misal berbasis augmented reality. Selain itu, juga perlu diungkap motivasi belajar siswa perempuan dan laki-laki.
References
Anggis, E. V. (2017). Penerapan Pembelajaran Biologi Model Problem Based Instruction Scientific Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Mangifera Edu, 2(1), 1-7.
Arjaya, I. B. A. (2013). Model Self Directed Learning Berbasis Lingkungan Dalam Pembelajaran Biologi. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 10, No. 1).
Glynn, S. M., Brickman, P., Armstrong, N., & Taasoobshirazi, G. (2011). Science motivation questionnaire II: Validation with science majors and nonscience majors. Journal of research in science teaching, 48(10), 1159-1176.
Hadiyanti, P. O. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dan Reading Questioning and Answering (RQA) pada Pembelajaran Biologi untuk Memberdayakan Motivasi Siswa Putra dan Putri SMA Kusuma Pekanbaru. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 777-780.
Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381-389.
Heynoek, F. P., Kurniawan, R., & Bakti, F. R. F. K. (2020). Motivasi Siswa Perempuan dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Se-Kota Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(2), 9-15.
Lestari, I. D., Usman, U., & Zikriah, R. (2020). Analisis perangkat pembelajaran biologi SMA dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(3), 345-356.
Pujiastuti, I. P. (2023). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA negeri dan swasta dalam pembelajaran biologi. Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 9(1), 75-81.
Rochani, S. (2023). Identifikasi Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Siswa Dan Hubungannya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(2), 83-89.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 181-204.
Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta
optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).
Utami, D. S., Putri, S. A., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Pentingnya Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2071-2082.
Wikanta, W., & Gayatri, Y. (2018, June). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menanamkan Karakter Kewirausahaan, Keterampilan Proses Sains, Dan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (pp. 652-658).
Yohana, L., & Lufri, L. (2022). Tingkat korelasi serta persentase permasalahan motivasi, minat dan konsentrasi belajar siswa kelas XI MIPA dalam pembelajaran biologi di SMAN 6 Padang. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 3(3), 80-88.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Alfina Izul Ula, Rina Yuliati, Poppy Rahmatika Primandiri, Agus Muji Santoso.
