ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA
PDF

Keywords

Bahan ajar
Modul
Persilangan
Pewarisan sifat

How to Cite

Agustina, S., Sulistiono, & Nurmilawati, M. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 1(1), 207–214. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1292

Abstract

Penelitian ini bertujuan  menganalisis kebutuhan siswa untuk pengembangan modul sebagai bahan ajar yang digunakan untuk memahami konsep materi pewarisan sifat mata pelajaran Biologi SMA. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif  dengan subyek  penelitian  siswa kelas XII SMAN 1 dan SMAN 7  Kediri sebanyak 20 siswa serta tiga guru biologi SMAN 1 dan SMAN 7 Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket analisis kebutuhan untuk siswa dan lembar panduan wawancara untuk guru biologi yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dari tiga guru yang menjadi responden keseluruhan menjawab membutuhkan pengembangan sumber belajar dan dari 20 siswa tentang jenis pengembangan sumber belajar, 80% siswa membutuhkan pengembangan seperti hand out/ rangkuman materi sebagai bahan ajar pada materi pewarisan sifat sehingga dengan demikian pengembangan dilakukan dengan membuat modul yang berisi rangkuman materi dan lembar kerja siswa.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1292
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Serli Agustina, Sulistiono, Mumun Nurmilawati

Downloads

Download data is not yet available.