Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan modul ajar menulis teks eksposisi dengan mengggunakan metode Mind Mapping palajaran bahasa Inonesia kurikulum merdeka, yang mencakup kevaliditaan, keefektifan, dan kepraktisan. Penelitian ini mengggunkan desain penelitian dan pengembangan Borg dan Gall dengan tahapan sebagai berikut: 1) analisis kebutuhan, 2) menyusun draf model, 3) validasi produk, 4) revisi produk, 5) penerapan produk, 6) revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik SMA POMOSDA Tanjunganom Nganjuk. Sumber data penelitian ini adalah keseluruhan informasi baik dari proses dan hasil pembelajaran menulis teks eksposisi dengan metode mind maping sedangkan datanya berupa data validasi, kepraktisan, dan keefektifan model. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Universitas Negeri Malang dan Rosda.
Nugraha, Tono Supriatno. 2022. Inovasi Kurikulum. Jurnal Inovasi Kurikulum 19 (2). Tersedia di https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/45301/pdf.
Winarti, Ardina, Subhayni, Herman R. 2021. Analisis Struktur Teks Eksposisi pada Kolom Opini Harian Serambi Indonesia Edisi Mei Tahun 2020. Jurnal Bahasa dan Sastra, 15, (1). Tersedia di ://jurnal.unsyiah.ac.id/JLB/article /view/20601/13705.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Nabila Rohmatin, Sujarwoko Sujarwoko, Encil Puspitoningrum